Ilustrasi by : lifestyle.bisnis.com |
Menciptakan budaya
perusahaan yang tepat harus menjadi prioritas utama dari setiap pengusaha dan pemimpin
bisnis. Tidak hanya cukup
berbicara, hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan orang-orang membuat
bisnis, bukan sebaliknya. Sebagian
besar pengusaha mulai dari satu atau dua
orang pendiri, Mereka senantiasa fokus pada visi dan pengembangan solusi
inovatif, daripada mengembangkan orang. Ketika membutuhkan anggota tim, mereka
cenderung menganggap bahwa orang-orang akan datang dengan semangat dan motivasi
yang sama namun, yang terjadi malah
sebaliknya.
Apabila pada awal bisnis dimulai lebih mengutamakan hal produk,
pelanggan dan yang terakhir ditangani adalah karyawan maka akan menjadi sulit
untuk sebuah trasformasi budaya. Bisnis yang berhasil bukan semata pada kontorl
produk dan keep pelanggan, tetapi perusahaan harus memiliki budaya yang
tercermin pada nilai-nilai. Hampir dipastikan bisnis yang telah sukses dan bertahan
lama memiliki budaya dan peran seluruh komponen didalam perusahaan harus nyata.
Konsumen sekarang ini bukan hanya mengutamakan masalah produk dan harga tetapi
mereka cerdas untuk memilih perusahaan yang memiliki budaya dan memberikan
nilai-nilai kepada mereka.
Pada sebuah buku “Culture
Transformation”- Lesson of Leadership yang ditulis ahli kepemimpinan John
Mattone dan Nick Vaidya, mereka percaya hal itu dapat dicapai, dengan enam
langkah-langkah spesifik diantaranya;
- Budaya dimulai dengan berpikir berbeda dan berpikir besar.Di tengah krisis sehari-hari dan informasi yang berlebihan, dibutuhkan pemimpin yang kuat untuk mengembangkan dan berkomunikasi secara teratur kepada karyawan "gambaran besar visi perusahaan" dari mana perusahaan akan menuju ke pelanggan dan masyarakan. Hal ini akan memberikan persfektif yang positif terhadap karyawan
- Menerima akan kesalahan kepemimpinan. Yang terbaik, pengusaha yang paling mampu, melihat diri mereka sendiri dan mengakui bahwa mereka membuat kesalahan. Mereka berlatih salah satu prinsip kepemimpinan yang paling penting dari perspektif - kerendahan hati. Hal ini diperlukan untuk memperkuat kepercayaan antara pemimpin dan anggota tim.
- Berkomunikasi dan hadirkan peran Anda disana. Anggota tim tidak akan pernah menciptakan budaya yang Anda inginkan jika mereka tidak tahu apa yang Anda harapkan dari mereka. Mereka perlu memahami dan dihargai untuk atribut, kompetensi, dan hasil yang diinginkan. Anda perlu untuk melukis masa depan yang menarik untuk perusahaan Anda bahwa mereka semua dapat terhubung.
- Transformasikan pola pikir kepada anggota tim. Semakin Anda berhasil membantu mereka, semakin banyak kesempatan mereka dalam menafsirkan kemenangan ini sebagai hal yang permanen, dan meresap pada masing-masing pribadi.
- Cari, dan pelihara, bakat serta berikan reward hal in akan mendukung masa depan yang menarik. Langkah utama adalah untuk mendorong setiap bakat dalam mendukung masa depan yang menarik bagi Anda. Pastikan Anda mempekerjakan, memberikan pelatihan, dan mempromosikan pemimpin masa depan yang memiliki apa yang diperlukan untuk membuat organisasi yang Anda inginkan. Pastikan untuk membedakan kompensasi dan manfaat dengan benar.
- Ukur dan ukur lagi. Yang paling penting, Anda harus mengukur kekuatan dan semangat budaya Anda saat ini. Juga, Anda perlu fokus secara eksternal untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan, pemasok, dan pesaing.
Dalam sebuah pengobatan, resep sebelum diagnosis
adalah malpraktik. Dalam dunia transformasi budaya, hal yang sama
berlaku. Budaya menentukan tingkat keterlibatan, bukan sebaliknya. Menurut
penulis, survei budaya yang baik akan menunjukkan kekuatan relatif dari lima
budaya yang diinginkan dalam organisasi: "bisa melakukan" ; yang
"akan melakukan budaya; "harus melakukan" budaya; dan
"kinerja tim". Semua ini tenggabung untuk menentukan kesehatan
dan semangat bisnis Anda secara keseluruhan.
Mungkin sudah waktunya untuk mengambil budaya bisnis
dalam organisasi Anda, dan apa yang telah terjadi atau tidak telah dilakukan
untuk mengatur atau mengubah ke tingkat yang kompetitif yang lebih
tinggi. Dalam setiap kasus, upaya ini bukan satu kali tembakan atau
sprint, tetapi sebuah maraton. Anda kesuksesan bisnis jangka panjang di
dunia saat ini tergantung padanya.
0 komentar:
Post a Comment