Home » » Format Sederhana Rencana Bisnis

Format Sederhana Rencana Bisnis

Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai usaha adalah membuat perencanaan usaha yang lebih sering disebut perencanaan bisnis (business plan). Kegunaan perencanaan bisnis adalah untuk mengetahui gambaran bisnis Anda, sehingga dapat diketahui perkiraan kebutuhan, modal, dan alur operasional serta target pencapaian usaha. Selain itu perencanaan usaha dapat memandu Anda dalam menjalankan usaha serta menjadikan Anda lebih fokus dalam berbisnis dan tentunya jalan Anda semakin terarah. Di bawah ini disampaikan panduan format perencanaan bisnis tepat guna, semoga bermanfaat.

Ide bisnis jenis usaha pilihan
Pada awal perencanaan bisnis, tulislah jenis usaha Anda dengan namanya dan keterangan singkat mengenai usaha

Alasan yang melandasi pemilihan bisnis
Alasan yang membuat Anda memilih bisnis ini, seperti memiliki keahlian, visi misi, menemukan peluang, melihat prosfek masa depan, dan sebaginya.

Sebaiknya Anda mengetahui:

Apa yang akan dijual
Menerangkan produk yang hendak dijual secara terperinci, contohnya: makanan, produk jasa dengan keterangan yang lebih spesifik.

Apa kebutuhan dari jenis usaha yang dipilih
Pertimbangkan secara masak-masak apa saja kebutuhan yang akan digunakan dalam usaha berikut jumlah kebutuhan dan perkiraan harganya. Sebaiknya memisahkan catatan kebutuhan peralatan poko usaha dan kebutuhan penunjang usaha, seperti ixin usaha, penyewaan aset, renovasi, dan sebagainya.  

Rencana lokasi yang dipilih
Membuat perencanaan lokasi usaha yang akan dipilih berikut keunggulannya. Akan lebiih baik jika memberikan alternatif pilihan lokasi yang lain beserta analisis keunggulannya.

Berapa tenaga kerja yang dibutuhkan?
Membuat perencanaan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk usaha Anda beserta kriteria yang diinginkan. Setelah itu, buat standar gaji untuk tiap-tiap pekerja. Perencanaan ini berguna sebagai gambaran perkiraan kebutuhan tenaga kerja dan perhitungan kebutuhan tenaga kerja dan perhitungan kebutuhan gaji setiapn bulannya.

Siapa pesaing terdekat
Amati siapa saja pesaing Anda dengan menganalisa keunggulan dan kekurangannya. Kemudian, buat perencanaan langkah yang dapat Anda lakukan agar usaha Anda bisa menjadi lebih baik dari pesaing dan buat langkah antisipasi agar Anda tidak mengulangi kekurangan yang dilakukan oleh pesaing Anda. Buat rencana tindakan dan perhitungkan pula biaya dari pelaksanaan tindakan tersebut.

Strategi pemasaran yang akan dilakukan
Rencana strategi pemasaran Anda, dan pilihlah strategi yang paling tepat untuk usaha Anda. Strategi pemasaran juga disertai perhitungan biaya pemasaran yang dibutuhkan. Strategi pemasaran untuk usaha sebaiknya mengacu pada:
Strategi tempat (Place)
Strategi yang meletakkan keunggulan pada lokasi usaha
Strategi harga (price)
Strategi yang fokus pada keunggulan harga
Strategi produk
Strategi yang mengutamakan keunggulan produk atau jasa yang dijual
Strategi promosi
Strategi yang menggunakan cara-cara promosi yang efektif untuk tiap-tiap jenis usaha

Perkiraan modal usaha
Membuat perkiraan kebutuhan modal usaha, berapa modal investasi dan modal kerjanya buat dengan terperinci (detail).

Perkiraan perhitungan keuntungan usaha  
Penentuan Harga Poko Penjualan (HPP)
Penentuan Harga Jual
Perkiraan Laba Kotor
Perkiraan Laba Bersih

Alokasi Laba Usaha
Alokasi laba akan berbeda setiap bulannya bergantung pada pemasukan, tetapi persentase alokasinya sama. Persentase alokasi tidak selalu baku karena disesuaikan dengan kebutuhan pemilik usaha.

Perkiraan BEP (Break Even Point)
Perkiaraan BEP disini adalah perhitungan kembalinya modal kita yang ditanamkan pada usaha ini, pada titik ini akan ditemukan adanya pulang pokok dari modal kita.

Kesimpulan tentang usaha
Buatlah narasi tentang usaha dan target-target yang ingin dicapai oleh usaha Anda setiap tahunnya.



xiaomi

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem