Ilustrasi by: google.com |
Contoh dari pasar B2B tradisional manufaktur mobil. Komponen kendaraan umumnya diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, dan produsen mobil membeli bagian-bagian ini secara independen. Ban, selang, baterai dan elektronik dapat dibuat oleh perusahaan terpisah, dan kemudian dijual langsung ke produsen mobil. Karena begitu banyak transaksi kecil menghasilkan satu penjjualan besar bisnis-ke-konsumen, perusahaan B2B cenderung memiliki volume yang tinggi.
B2B, seperti semua model bisnis, memerlukan beberapa perencanaan yang cermat agar berhasil. B2B biasanya bergantung pada fungsi penjualan dan tim manajemen account untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan / klien. Pemasaran mungkin dapat di lakukan melalui jurnal iklan perdagangan, memiliki kehadiran di konvensi dan konferensi perdagangan, pemasaran digital (kehadiran online, SEO, penjangkauan email) dan upaya kesadaran tradisional lainnya.
B2B e-commerce
B2B e-commerce, atau e-biz, adalah versi yang sedikit lebih berkembang dari perdagangan. Jenis e-commerce adalah pertukaran elektronik dokumen bisnis antara perusahaan dengan tujuan untuk melakukan perdagangan. Ini dimulai dengan Electronic Data Interchange (EDI), yang dimulai pada 1960-an. Mitra dagang dalam jaringan rantai pasokan adalah peserta khas, karena mereka saling bertukar dokumen elektronik dalam mendukung pembelian barang dan jasa. B2B e-commerce digunakan untuk pembuatan kontrak, pabean, kepatuhan perdagangan global, manajemen order dan rantai pasokan logistik. Dengan menggunakan B2B e-commerce, perusahaan dapat meningkatkan komunikasi antara mitra dan meningkatkan pengalaman pembelian dari bisnis ke bisnis.
Bila diterapkan e-commerce khusus, B2B dapat dipecah menjadi beberapa kategori. Kategori pertama adalah website perusahaan, karena banyak perusahaan perlu untuk mencapai perusahaan lain dan karyawan mereka secara khusus. Sebuah situs web perusahaan dapat berfungsi sebagai pintu masuk ke sebuah extranet eksklusif untuk pelanggan atau pengguna situs yang terdaftar, atau sebagai intranet untuk penggunaan internal saja. Perusahaan juga dapat menjual langsung dari situs ini, e-tailing ke bisnis lain. Beberapa perusahaan B2B menyediakan perangkat lunak untuk membangun website B2B, sehingga menjadi B2B untuk B2Bs. Perangkat lunak ini termasuk alat situs-bangunan dan template, fitur database dan metodologi untuk praktik terbaik, ditambah perangkat lunak transaksi.
Kategori kedua adalah pasokan produk dan pertukaran pengadaan, atau dikenal sebagai situs e-procurement. Situs ini melayani berbagai industri dan sering fokus pada ceruk pasar. Sebuah perusahaan agen pembelian dapat berbelanja untuk persediaan dari vendor, proposal permintaan dan bahkan membuat tawaran untuk pembelian dengan harga tertentu. Situs B2B ini memungkinkan pertukaran pasokan produk dan pengadaan.
Portal industri khusus atau vertikal memberikan Subweb informasi untuk industri tertentu atau vertikal, seperti perawatan kesehatan, konstruksi, pendidikan atau pasar vertikal lainnya. Situs ini menyediakan daftar produk, kelompok diskusi dan fitur lainnya. Situs portal vertikal memiliki tujuan yang lebih luas daripada situs pengadaan, meskipun mereka juga dapat mendukung pembelian.
Situs percaloan bertindak sebagai perantara antara penyedia layanan dan pelanggan bisnis potensial. Sebagai contoh, sebuah perusahaan konstruksi mungkin perlu untuk menyewa peralatan. Sebuah situs broker dapat membantu perusahaan konstruksi menemukan produsen peralatan yang bersedia menyewakan peralatan yang dibutuhkan. Menengahi situs dan layanan termasuk Neostratus 'B2B
Cloud Broker dan Axway B2Bi.
Cloud Broker dan Axway B2Bi.
Kategori terakhir adalah situs informasi, atau "infomediaries," yang menyediakan situs informasi khusus pada industri tertentu bagi perusahaan dan karyawan mereka. Situs-situs pencari khusus yang sering digunakan sebagai lokasi perdagangan dan organisasi standar industri.
Meskipun hal ini mungkin terdengar rumit, ada sejumlah perusahaan yang Anda sudah tahu B2Bs.
Dropbox adalah layanan penyimpanan yang banyak konsumen menggunakan, tapi bisnis juga menggunakannya. GE membuat sejumlah barang-barang konsumsi, tetapi juga menyediakan bagian untuk perusahaan. Ada pula Xerox, adalah nama rumah tangga tetapi mereka membuat miliaran pada penyediaan layanan kertas dan cetak untuk bisnis.
Dropbox adalah layanan penyimpanan yang banyak konsumen menggunakan, tapi bisnis juga menggunakannya. GE membuat sejumlah barang-barang konsumsi, tetapi juga menyediakan bagian untuk perusahaan. Ada pula Xerox, adalah nama rumah tangga tetapi mereka membuat miliaran pada penyediaan layanan kertas dan cetak untuk bisnis.
Meskipun B2B sangat penting untuk keberhasilan banyak industri, ketika mempertimbangkan potensi perusahaan Anda, jangan membatasi diri untuk satu model. B2B, C2B dan model B2C tidak perlu saling eksklusif, dan menggabungkan kekuatan khusus mereka dapat menghasilkan peluang baru untuk bisnis Anda.
Sebuah bisnis harus dapat membuat model paket wawasan konsumen dan solusi konsumen-sentris untuk menjual atau memberikan sebagai nilai tambah kepada para pelanggan bisnis / klien. Dalam pasar konsumen-driven, layanan tersebut bisa sangat berharga untuk bisnis.
0 komentar:
Post a Comment