Ilustrasi by: startupbisnis.com |
Mencoba
untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda jarang efektif.
Memisahkan pelanggan Anda ke dalam kelompok yang berbeda dari orang yang sama
akan memungkinkan Anda untuk memasarkanproduk atau jasa khusus untuk orang-orang yang akan menguntungkan
untuk Anda.
Mengidentifikasi target pasar Anda
Mulai
untuk mengidentifikasi segmen yang berbeda antara pelanggan yang ada
dengan mencari kelompok yang memiliki karakteristik serupa. Konsumen
sering tersegmentasi oleh usia, jenis kelamin atau pendapatan. Pelangganbisnis dapat dipecah menjadi industri yang berbeda atau dengan
ukuran. Dalam prakteknya, lokasi seringkali merupakan faktor kunci, apakah
Anda menargetkan pelanggan lokal atau mencari peluang ekspor.
Segmentasi
pasar Anda harus memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kesamaan antara
kelompok pelanggan yang berbeda. Anda akan dapat lebih jelas memahami apa
aspek tawaran banding untuk masing-masing kelompok dan menyesuaikan produk atau
jasa untuk lebih dekat dengan kebutuhan mereka.
Ini
mungkin berarti Anda memodifikasi produk - atau bekerja pada pengiriman,
pelayanan, keandalan atau kebutuhan lain yang penting untuk segmen
pasar. Ini juga bisa berarti menyesuaikan cara Anda memasarkan penawaran
Anda - sehingga Anda mengubah kebijakan harga atau menggunakan saluran
distribusi yang menjangkau target pelanggan Anda lebih efektif. Anda juga
harus menyesuaikan pesan promosi Anda ke segmen pelanggan yang berbeda.
Menemukan
dan mengevaluasi pelanggan
Pengetahuan
adalah segalanya ketika datang untuk mengidentifikasi mana kelompok pelanggan
yang harus Anda targetkan. Riset pasar akan membantu Anda memahami
lebih lanjut tentang kebutuhan, selera dan kebiasaan belanja dari berbagai
kelompok pelanggan potensial. Ini harus memberitahu Anda tentang segmen
pelanggan yang paling mungkin untuk membeli produk yang Anda tawarkan dan jenis
aktivitas pemasaran serta penjualan dimana mereka akan menanggapi.
Sebuah
analisisSWOT akan membantu Anda menilai kekuatan dan kelemahan Anda
sebagai sebuah bisnis dan menemukan peluang dan ancaman yang ada di pasar. Ini
akan membantu Anda mengevaluasi apakah Anda berada dalam posisi untuk
melaksanakan pemasaran yang kuat dan kampanye
penjualan dengan kelompok sasaran pelanggan Anda. Secara signifikan, itu
juga akan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana Anda mengukur kompetitor.
Memahami akan pesaing
Anda adalah sangat penting. Bagaimana mereka bekerja dengan kelompok
sasaran? Akan Anda lakukan lebih baik atau lebih buruk? Mana kesenjangan -
dalam penawaran mereka dan dalam pemasaran mereka? Apakah kelompok
pelanggan diabaikan oleh saingan?
Kombinasi
dari riset pasar,
analisis SWOT dan benchmarking harus
memberikan gambaran rinci dari pasar dan potensi Anda sendiri. Hal ini
pada gilirannya akan memberitahubagimana dan di mana Anda harus mengarahkan
kegiatan pemasaran. Hanya ketika Anda dipersenjatai dengan pengetahuan, hal
ini akan dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk menyesuaikan pesan Anda
dalam berbagai segmenpasar, serta melakukan percakapan persuasif dengan pelanggan potensial
Anda.
Selanjutnya:
0 komentar:
Post a Comment