Home » » Bungkus Duit Dari Bisnis Kemasan

Bungkus Duit Dari Bisnis Kemasan

Binis-kemasan-kardus
Hampir setiap produk memakai kemasan kardus untuk melindungi dari benturan dan goncangan. Produsen atau penjual sangat membutuhkan kardus untuk mengirimkan produknya ke konsumen. Tak terkecuali, para penjual yang menawarkan dagangannya secara daring. Maraknya bisnis daring ikut mendongkrak permintaan kardus. Untuk meminimalisir risiko kerusakan, banyak pedagang online memakai kardus sebagai standar pengiriman barang. Maklum saja, biasanya pengiriman dilakukan oleh pihak ketiga. Alhasil, kebutuhan akan kardus terus saja meningkat. Selain dari bisnis online, lonjakan permintaan ini terjadi karena saat ini juga banyak pedagang yang melakukan pengemasan ulang produk dagangan yang mereka impor dari China.
Bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis pembuatan/produksi kemasan kardus sebaiknya, Anda menjajaki dahulu bisnis trading kardus hal ini Sangat penting bagi Anda yang belum memiliki pasar yang jelas. Dengan mengawali dari trading akan membuat Anda lebih mengetahui akan pangsa pasar dan tentunya memiliki konsumen dan relasi bisnis. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan apabila hendak melakukan bisnis yang benar-benar dunia baru bagi Anda. Bukan hanya melihat peluang pasar yang besar dan tergiur “cuan” gede lantas tanpa pikir panjang Anda terjun bebas, hati-hati sob! Nanti malah jadi tersungkur. Awali segala sesuatu dari hal yang kecil, ambil peran kecil dahulu akan lebih aman bagi pebisnis pemula, lambat laun Anda nanti akan memahami seluk beluk bisnis yang dijalankan.
Saatnya tiba dan Anda memiliki pabrik sendiri, saat itu pesanan kardus dari pabrik Anda pasti akan berlimpah juga dan tidak akan tertinggal pasar karena Anda sudah meiliki jaringan pasar yang kuat. Mengumpulkan konsumen kecil yang potensial dan tentunya dengan pembayaran yang lancar akan lebih baik daripada Anda memiliki beberapa konsumen besar namun, pembayarannya mandeg dan selalu “molor” dari yang sudah ditetapkan. Apalah artinya order besar apabila arus kas Anda malah terganggu. Lebih baik memiliki konsumen yang kecil dalam jumlah banyak tetapi Anda sudah mengenal watak mereka dan tentunya track recird-nya sudah teruji. Yang harus Anda ingat dalam bisnis adalah jangan pernah meninggalkan konsumen setia Anda yang telah menemani Anda sejak bisnis Anda masih skala kecil. Secara tidak langsung mereka telah membantu Anda baik dalam keuangan hingga promosi gratis ke rekan-rekannya akan produksi dan juga bagusnya nilai perusahaan Anda. Promosi dari mulut ke mulut ini sangat efektif dan benar-benar membuahkan hasil yang luarbiasa. 
Usaha pembuatan kardus ini cukup padat modal. Pabrik kardus membutuhkan lokasi yang luas karena ukuran mesin-mesinnya cukup besar. Di samping itu, butuh gudang untuk menyimpan bahan baku dan produk jadi. Tak hanya itu, lokasi juga harus punya kemudahan akses untuk truk-truk yang mengirimkan bahan baku, sekaligus saat pengiriman. Untuk bisnis ini Anda lebih baik memiliki lahan sendiri sebab jika mengandalkan sewa ini akan membuat beban Anda akan berat nantinya, dimana bila lahan tidak disewakan lagi Anda musti mangangkut mesin-mesin produksi yang berat dan besar-besar.
Mesin-mesin untuk membuat kardus terdiri dari mesin slitter/slotter (untuk memotong dan mencoak), mesin untuk menjahit (mesin staples) atau juga mesin untuk mengelem, dan mesin untuk menjalankan rel. Untuk membubuhkan logo atau gambar serta teks, Anda bisa lakukan dengan teknik sablon. Teknik ini dipakai kalau jumlah pemesanan sedikit atau kurang dari 5.000 potong. Namun, untuk pesanan yang besar, bisa dipakai mesin cetak flexo. Dengan mesin itu, hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk menambahkan logo.
Namun, jika konsumen ingin kualitas cetakan yang lebih baik, maka Anda harus memiliki mesin cetak yang handal. Mesin cetak ini harganya bisa mencapai Rp 1 miliar.
Selain mesin, Anda juga harus memastikan soal pasokan bahan baku, bahan baku ini harus dipesan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Maklum, kebutuhan setiap konsumen bisa berbeda, tergantung jenis produk yang dikemas. Selain ukuran, perbedaan itu bisa terlihat dari gramatur kertasnya. Semakin berat bobot barang yang akan dikemas, gramaturnya makin tinggi.
Kualitas kardus juga ditentukan oleh bahan baku. Jadi, Anda juga harus memastikan bahan baku kardus berasal dari produsen yang bahan bakunya baik. Namun, jangan bergantung hanya pada satu pemasok saja. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada salah satu pemasok yang sedang mengalami kerusakan mesin. Anda juga harus menjalin hubungan baik dengan pemasok. Hal ini akan memberi kemudahan bila kebutuhan bahan baku Anda tak memenuhi minimal pesanan mereka.
Jaringan yang baik juga akan memberi keleluasaan Anda dalam hal pembayaran. Bila Anda sudah mendapatkan kepercayaan, pemasok bisa memberikan tempo sebulan. Tapi, sebaliknya, jika sudah di-blacklist, info ini akan cepat menyebar ke pemasok lain. Maka, harus benar-benar jaga kepercayaan.  Dan soal tenaga kerja juga harus menjadi perhatian. Anda harus pandai memilih karyawan yang loyal supaya standar produksi tetap terjaga. Dengan begitu, pengiriman ke konsumen akan tepat dengan waktu yang dijanjikan. Ini penting, untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Bagaimana Anda tertarik untuk membidik bisnis kardus kemasan ini?

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem