Home » » Bisnis Supply Batu Kapur (Limestone)

Bisnis Supply Batu Kapur (Limestone)

sinarsejahterakarawang.blogspot.co.id
ilustrasi by: http://www.thanhdattrading.vn
Dewasa ini penggunaan akan bahan baku semen bukan saja diperuntukkan bagi bangunan seperti rumah dan gedung. Penggunaan semen kini diperuntukkan juga dalam pembangunan jalan tol dan jalan raya umum. Dengan dukungan yang besar dari pemerintah saat ini yang mengacu pada pembangunan infrastruktur yang terpadu, menjadikan peluang usaha di industri semen mulai menggeliat kembali setelah pada beberapa tahun yang lalu pabrik semen banyak yang kolap dikarenakan kurangnya demand di pasar dalam negeri dan hanya beberapa produk semen saja yang dapat bersaing di pasaran luar negeri untuk ekspor. Se-iring dengan program pembangunan jangka menengah dan panjang dari pemerintah yang berfokus pada pembangunan infrastruktur dari wilayah barat sampai ke wilayah timur Indonesia. Membuka peluang pasar yang signifikan bagi industri yang terkait dengan kebutuhan bahan dasar bagi pembangunan infrastruktur tersebut, khususnya semen sebagai bahan dasar utama bagi pembangunan sarana infrastruktur.

Dalam hal ini PT. Juishin Cement Indonesia dengan merk dagang semen Merk Garuda, membuka factory di wilayah Bojong Mangu Kabupaten Bekasi dan berbatasan dengan daerah Pangkalan Raya Kabupaten Karawang. Untuk melancarkan distribusi baik material raw maupun hasil produksinya, PT. Juishin berinisiatif membangun sarana jalan melalui jalan Pangkalan Raya kabupaten Karawang. Hal ini mereka lakukan untuk kemudahan dan kelancaran pendistribusian, dikarenakan apabila melalui jalan utama desa Bojong Mangu akan memakan waktu dan kurang efisien.

Dalam hal penyediaan bahan material alam, PT. Juishin membuka pintu kerjasama dengan beberapa pengusaha lokal di wilayah Kabupaten Karawang. Dengan memberikan porsi besar dalam penyediaan bahan dasar ini tentunya menjadikan sebuah peluang usaha yang bagus dan menjanjikan. Didukung dengan kondisi infrastruktur yang baik serta tersedianya tambang khusuhnya lime stone (Batu Kapur) baik itu yang terletak di Klapanunggal kabupaten Bogor maupun Padalarang di Kabupaten Bandung. Selain itu untuk penyediaan sarana transportasi sebagai motor utama dalam bisnis pengadaan bahan material alam ini tidaklah terlalu sulit ditemukan, banyak perusahaan armada yang berdomisili baik di Kapubaten Karawang maupun di luar Kabupaten Karawang.

Melihat ceruk pasar yang masih terbuka lebar, tentunya menjadikan satu dasar bagi seorang pebisnis untuk “masuk” dan berkiprah dalam bisnis ini. Namun, sebelum Anda terjun ataupun ambil bagian dalam sebuah peluang bisnis ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pelajari terlebih dahulu. Ada beberapa aspek yang harus Anda ditinjau dari “sebuah peluang” dimana setiap peluang bisnis biasanya oleh seseorang yang meberi informasi selalu “di-imbuhi” dengan hal yang manis, alangkah lebih baiknya apabila Anda tinjau dahulu peluang bisnis tersebut. Dari mulai modal yang harus disediakan, beban pembelian, beban operasional, beban lain-lain hingga berapa pendapatan yang akan Anda peroleh dan selanjutnya Anda membuat rencana bisnis.

Tinjauan Beberapa Aspek dari Bisnis
Bisnis yang akan dijalankan disini adalah supply bahan material alam berupa limestone  ada beberapa yang perlu ditinjau sebelum kita melaksanakannya, diantaranya:

1. Sistem pembayaran
Pada binis yang akan dijalankan ini kita mengambil sistem cash to cash dimana sistem pembayaran dilakukan setelah barang di terima dan paling lambat dibayarkan esok harinya. Dimana dalam sistem ini bukan pihak factory yang membayarkannya namun dari kontraktor yang ditunjuk oleh factory. Dari pihak factory sendiri pembayaran dilakukan per-invoice dengan tempo 60 (enam puluh) hari kerja. Dari pengalaman pembayaran dari pihak kontraktor ini selalu lancar tidak ada kendala yang berarti

2. Sistem Pembelian Bahan Material Limestone
Sistem pembelian yang terjadi dalam bisnis ini adalah sistem pembelian secara cash to cash bahkan dibeberapa quary diberlakukan sistem deposit (pembayaran di muka). Bagi pebisnis pemula tentunya hal ini menjadi sangat memberatkan, maka pilihannya adalah yang sistem cash to cash, dimana pembayaran dilakukan setelah barang dimuat ke dalam truck.

3    3. Sistem Pengangkutan
Pihak quary tidak mengadakan sarana angkutnya, ini berarti kita harus mencari armada pengangkutnya. Dalam binis ini ada dua sistem yang berlaku yaitu, sistem angkut dengan ongkos ritase (harga ongkos tergantung jauhnya jarak)
Setelah kita pahami tiga aspek yang ada dalam bisnis ini, kita lakukan observasi untuk memastikan segala sesuatunya. Hasil observasi atau on the spot yang kita lakukan akan menjadi satu gambaran riil apakah peluang binis ini bagus ataukah tidak bagus.


Dari hasil observasi itu kita memperoleh data sebagai berikut: 

Tabel Hasil Observasi
No
Uraian
Bahan Material
Harga
Satuan
Keterangan
1
Supplier
Limestone
         74.000
Ton
Harga terima
2
Supplier
Clinker
         70.000
Ton
Harga dibayar
3
Supplier
Pasir
         60.000
Kubikasi
Harga dibayar
4
Padalarang (qaury 1)
Limestone
      800.000
Mobil
Pembelian
5
Klapanunggal (quary 2)
Limestone
      900.000
Mobil
Pembelian
6
Angkut 1
Limestone
   1.900.000
Ritase
ongkos angkut
7
Angkut 2
Limestone
   1.800.000
Ritase
ongkos angkut
8
Alternatif Angkut
All In
   1.200.000
per hari
Sewa Mobil

Setelah data diperoleh selanjutnya yang harus kita hitung adalah jarak antara quary ke factory atau yang biasa disebut disini adalah jarak antara ambilan dan buangan, serta jam buka & tutup dari masing-masingnya.  Mengapa harus kita ketahui? Hal ini sangat penting bila kita tidak mengetahui akan membuat kesulitan nantinya, bagaimana bila kita kirim barang ternyata sampai disana jam bongkarnya telah tutup? Tentunya armada harus menginap menunggu bongkar keesokan harinya, dan ini akan menjadi bertambahnya beban biaya.


Tabel waktu dan jarak
No
Uraian
Jam Operasi
Jarak dari dan ke



Dari
Ke
Jarak
1
PT. Juishin
23:00 -16.00
Padalarang
Karawang
102 KM
2
Padalarang Quary
07:00 - 23:00
Karawang
Ciwandan
198 KM
3
Klapanunggal (Quary)
24:00 - 24:00
Ciwandan Stop Pail
Cileungsi
158 KM
4
Factory Ciwandan
07:00 - 17:00
Cileungsi
Quary Klapanunggal
10 KM
5
Ciwandan Stop Pail
24:00 - 24:00
Quary Klapanunggal
Juishin
60 KM






Rencana Anggaran Biaya dan Pendapatan
Setelah mengetahui aspek yang ada pada bisnis supply limestone dan juga adanya tambahan dari pengiriman clinker (bahan semen) dan juga pengiriman pasir tentunya akan menambah pendapatan. Bagaimana selanjutnya? Tentunya kita harus berhitung untuk mendapatkan angka anggaran biaya dan juga pendapatan yang akan diperoleh. Sebelum membuat rencana anggaran biaya dan pendaptan kita tinjau dahulu aspek dari sarana angkut, mana yang dapat memberikan margin kepada kita antara sistem ongkos ritase dengan sistem sewa armada angkut barang dalam hal ini armada dumptruk.

Perlu diketahui disini bila Anda akan menggunakan sarana angkut barang untuk bahan material alam ini baik limestone hingga pasir dan lain-lain, berhati-hatilah dan selalu teliti serta waspada, mengapa? Dalam lingkup pengadaan sarana angkutan barang berupa dumptruk banyak sekali “mafia” yang bermain disana, mulai dari broker yang hanya mencari keuntungan sesaat hingga penipuan mengatasnamakan pengurus armada, biasanya mereka akan mengajak Anda untuk pertemuan selanjutnya membuat MoU dan meminta Anda untuk transfer biaya mobilisasi armada hingga yang meminta untuk deposit dahulu. Hati-hatilah banyak cara para penipu bermain di bidang ini, lebih baik Anda langsung menemui ke kantor armada dumptruk itu lebih aman. 

Perhitungan Biaya Angkut
No
Bahan Material
Dari
Ke
Harga
Keterangan
1
Limestone
Padalarang
Karawang
   2.000.000
Sistem Ritase
2
Limestone
Klapanunggal
Karawang
   1.900.000
Sistem Ritase
3
Clinker
Karawang
Ciwandan
   2.650.000
Sistem Ritase
4
Pasir
Ciwandan
Cileungsi
   2.000.000
Sistem Ritase


Perhitungan dengan ongkos ritase
No
Bahan Material
Pendapatan
Harga Bahan
Ongkos Angkut
Rugi Laba Kotor
1
Limestone
    2.886.000
         800.000
            2.000.000
                  86.000
2
Limestone
    2.886.000
         900.000
            1.900.000
                  86.000
3
Clinker
    2.730.000

            2.650.000
                  80.000
4
Pasir
    1.500.000

            1.800.000
             (300.000)
*) Asumsi indeks Dumptruk 26 tonase muat rata-rata 39 Ton


Pada tabel dengan sistem ongkos ritase diperoleh rugi laba kotor yang tidak maksimal bahkan ada yang menghasilkan kerugian, untuk itu maka di anjurkan untuk menggunakan sistem sewa armada dumptruk.
  1. 1 Perhitungan waktu Tempuh

Selain penting untuk mengetahui kapan waktu pengiriman yang tepat agar sesuai dengan schedule dari pihak penerima, kita harus sesuaikan dahulu waktu operasional quary dengan waktu operasional perusahaan penerima. Pengkondisian ini sangat penting agar hasil yang akan dicapai optimal, apalagi kit pun menggunakan sarana angkutan dengan sistem sewa dimana waktu menjadi faktor penentu dalam penghitungan biaya.

Tabel waktu Tempuh
No
Dari
Ke
Waktu Tempuh
1
Padalarang
Juishin
9 Jam
2
Juishin
Ciwandan
14 Jam
3
Ciwandan Stop Pail
Cileungsi
10 Jam
4
Cileungsi
Quary Klapanunggal
0,5 Jam
5
Quary Klapanunggal
Juishin
7,5 Jam


Jumlah Waktu
41 Jam
















Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan track tersebut adalah 41 jam sudah termasuk bongkar muat, dimana ada juga waktu terbuang pada saat bongkar muat, biasanya faktor kendalanya adalah cuaca untuk di quary apabila terjadi hujan maka kita tidak bisa muat sedangkan untuk di buangan biasanya akan terjadi bongkar lama jika antrian panjang.

  1. 2 Menentukan titik Awal

Penentuan titik awal ini berkaitan dengan penyesuaian dengan jam operasional bongkaran. Disini kita memakai dua quary dalam pengambilan batu kapur atau limestone satunya di wilayah Padalarang tepatnya di  desa Nyalindung dan satunya Cileungsi tepatnya Klapanunggal, mengapa kita memakai dua quary tersebut tidak di satu quary saja? Hal ini berkaitan dengan jarak buangan juga, dimana setelah membuang clinker kita mendapatakan order angkut pasir dengan tujuan Cileungsi tentunya jika armada di arahkan ke padalarang akan memakan waktu dan juga beban angkutan menjadi lebih besar.


     3 Recruitmen Karyawan

Dalam hal ini tentunya kita harus menyesuaikan dengan pendapatn yang akan kita peroleh, walaupun sudah ada ketepan standar UMP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Karyawan yang kita butuhkan untuk bisnis awal ini adalah seorang tenaga operasional atau lapangan dan seorang tenaga administrasi dan umum, cukup dua orang dulu jika usah berkembang barulah kita menambahkan karyawan kita.

    4 Sistem Pembayaran Untuk Sopir

Satu lagi hal yang perlu diketahui untuk bisnis dibidang supply bahan material alam adalah sistem pembayaran bagi sopir. Rata-rata perusahaan sarana transportasi di kita untuk sopirnya amat jarang yang memakai sistem gaji, tetapi crew armada akan memperoleh pendapatan dari sisa uang kas atau uang jalan yang besarnya ditentukan oleh jarak.  

Untuk itu bagi Anda tinggal memilih saja akan menggunakan sistem uang kas seperti kebiasaan pemilik armada dumptruk ataukah akan memberikan gaji kepada sopir dengan sistem mingguan ataukah per pengiriman. Jika Anda memilih sistem gaji hal yang harus diketahui adalah berapa kisaran biaya operasional sebuah dumptruk dari quary hingga buangan?. 

Anda wajib observasi dahulu sebelum memilih sistem gaji, dengan sistem gaji akan lebih nyaman bagi sopir karena penghasilan mereka sudah jelas besarannya dan juga bagi Anda penyewa tidak akan ada adu harga lagi dalam masalah uang jalan. Karena hal ini sering terjadi, kita harus debat dahulu dengan pihak sopir mengenai uang jalan yang akhirnya membuang waktu percuma.


Perhitungan Biaya Angkut
No
Bahan Material
Dari
Ke
Harga
Keterangan
1
Limestone
Padalarang
Karawang
   2.000.000
Sistem Ritase
2
Limestone
Klapanunggal
Karawang
   1.900.000
Sistem Ritase
3
Clinker
Karawang
Ciwandan
   2.650.000
Sistem Ritase
4
Pasir
Ciwandan
Cileungsi
   2.000.000
Sistem Ritase




Tabel Beban operasional dumptruk per lokasi
No
Dari
Ke
Beban Solar & Tol
Beban Lain-lain
Jumlah
1
Padalarang
Juishin
                      386.150
               150.000
               536.150
2
Juishin
Ciwandan
                      859.350
               200.000
            1.059.350
3
Ciwandan Stop Pail
Cileungsi
                      674.600
               150.000
               824.600
4
Quary Klapanunggal
Juishin
                      269.500
               150.000
               419.500


Jumlah
                  2.189.600
               650.000
            2.839.600
*) Asumsi pemakaian bahan bakar 1 liter : 2 KM
*) Asumsi harga solar per liter Rp. 5.650
*) Beban Tol satu jalan tidak PP

      5.  Sistem pembelian bahan material alam limestone
Biasanya pihak quary akan menetapkan pembelian dengan sitem DO dimana pembelian minuman adalah persepuluh armada dumptruk. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada penyimpangan baik di pihak quary maupun dari pihak pembeli. Mengapa hal ini terjadi? 

Di pihak quary mereka menerapkan sistem ini adalah agar konsumen mereka terjaga keamanan keuangannya, karena banyak sekali oknum broker yang bermain curang sehingga merugikan pembeli, banyak kejadian dimana pembeli yang kurang paham memberikan keuangannya ke broker yang mengaku sebagai pengurus quary, karena quary masih jarang memakai metode perkantoran pada umumnya masih bersifat tradisional hanya beberapa quary yangtelah memiliki sistem dalam pengoperasian usahanya. Kedua bagi pembeli biasanya mereka menitipkan uang belanja kepad sopir, walaupun safety namun untuk menjaga hal yang tidak diinginkan sistem pembelian DO ini akan memberikan rasa keamanan.

      6. Biaya Administrasi dan Umum
Beban administrasi dan umum ini dalam bisnis supply bahan material alam tidak terlalu banyak memakan biaya. Paling banyak beban biaya yang keluar adalah di beban telepon dan pulsa dimana seringnya kita berkomunikasi baik dengan pihak quary maupun dengan crew armada. 

Setelah kita mengetahui uraian yang berkenaan dengan biaya tetap dan variable dalam menjalankan bisnis supply bahan material alam Limestone, dan pengangkutan Clinker dan Pasir kini kita dapat membuat rencana anggaran biaya dan pendapatnnya. Bagaimana kita menghitung Rencana Anggaran Belanja dan Pendapatan bisnis ini, kita lihat tabel di bawah ini:


Pendapatan dan Pengeluaran 4 Rute



I
Pendapatan:
Unit Arnada
Kuantita
Harga Satuan
Jumlah
1
Supply Limestone
5
                    390
                  74.000
              28.860.000
2
Angkut Clinker
5
                    195
                  70.000
              13.650.000
3
Angkut Pasir
5
                    125
                  60.000
                7.500.000

Jumlah
              50.010.000


II
Pengeluaran
Unit Arnada
Harga Satuan
Jumlah

1
Limestone Padalarang
5
           800.000
            4.000.000

2
Limestone Klapanunggal
5
           900.000
            4.500.000

3
Beban operasional Armada
            2.840.000

4
Beban Sewa Armada
5
        1.200.000
         12.000.000

5
Gaji sopir per rute
5
        1.200.000
            6.000.000


 Jumlah
              29.340.000




Rugi laba Kotor
              20.670.000
*) Supply Limestone dihitung dua kali kirim melalui Padalarang & Klapanunggal Asumsi @39 Ton
*) Supply Clinker dari Karawang s/d Ciwandan asumsi @39 Ton per Armada
*) Angkut Pasir dari Ciwandan ke Cileungsi asumsi @25 Kubik per armada
*) Beban operasional armada dalam 4 rute
*) Beban sewa armada untuk 2 hari kali 5 unit @Rp. 1.200.000,-
*) Gaji sopir per rute Rp. 300.000 (all in pembagian untuk kernet dan makan)


Berapa anggaran modal kerja yang dibutuhkan untuk bisnis ini?

Anggaran Modal Kerja:
Unit
Satuan
Jumlah
Satu Minggu
1
Sewa Armada Dumptruk
5
        1.200.000
            6.000.000
              42.000.000
2
Pembelian Limestone:


Padalarang
10
           800.000
            8.000.000


Klapanunggal
10
           900.000
            9.000.000

3
Beban operasional Armada
2
        2.840.000
            5.680.000

4
Beban gaji sopir
2
     12.000.000
         24.000.000

5
Cadangan Adm & Umum
1
        5.000.000
            5.000.000

6
Cadangan Gaji Karyawan
2
        3.000.000
            6.000.000
              57.680.000




Jumlah
              99.680.000

Jumlah modal kerja yang dibutuhkan untuk bisnis ini kurang lebih Rp. 100.000.000,-. Untuk beban operasional armada, dan gaji sopir dianggarkan untuk 2 putaran rute. Hal itu kita kondisikan dengan sistem pembayaran yang berlaku dimana akan terjadi pembayaran bilamana surat jalan sudah direkap dan diserahkan, mengingat jarak untuk rute 2, 3 dan 4 yang jauh maka harus dianggarkan menjadi dua kali. Cadangan biaya administrasi dan umum ini adalah untuk periode 15 hari dimana akan masuk beban biaya telepon dan pulsa serta beban tunjangan bahan bakar bagi karyawan dan juga operasional harian kantor. 

Setelah kita hitung dan telah dapat dilihat berapa anggaran modal kerjanya dan berapa rugi laba yang dapat kita peroleh apakah bisnis ini masih layak untuk dilaksankan? Selanjutnya setelah kita peroleh gambaran dari modal kerja dan proyeksi pendapatan yang harus kita lakukan adalah membuat sistem operasional, administrasi dan pelaporan. Bagaimana masih ragu untuk memulai sebuah usaha sendiri?


















































xiaomi

28 komentar:

  1. Pernah supply ke RAPP pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rapp mana itu pak? Bisa kontak saya pak di wa 087874083316 atau telp 085216061840

      Delete
  2. Ass..Sy dr Pt. Prima Tonggak Inti Gemilang ingin mengetahui info harga sewa alat berat dan harga baru limestone utk kebutuhan proyek apartemen di jl. Raya Rancaekek km 20 cipacing jatinangor sumedang. Kirim melalui email gaganwargana@yahoo.co.id atau email riza@ptig.co.id

    ReplyDelete
  3. Saya butuh daftar harga batu belah , makadam ,sirtu ,sirdam, basecouse, Limestone & pasir urug u/ proyek di daerah Karawang. Tolong kirim list harga ke email klt.69@gmail.com atau WA 087788897663
    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. pk,saya butuh limestones bongkahan 1dumptruk index 24 pembuangan cibitung brp? krim ke email ronnylim49@gmail.com. secepatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada pak batu dolomit besok saya kirim spesifikasinya, maklum kemaren baru masuk lab hp/wa 081274112137

      Delete
  5. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa.
    Kami bersedia bekerjasama serta menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    ReplyDelete
  6. Salam kenal...bagi para investor yg mau bekerja sama pertambangan batu gamping di wilayah kendari negara INDONESIA suplay ke Tambang nikel virtu DRAGON morosi sulawesi tenggara sistem bagi hasil hub wa 085333295555 email fikafulla@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan


    Dengan Hormat
    Perkenalkan kami ,PT. Tunas Habibi Indonesia,Kami distributor tunggal untuk semua produk Technology and Hammer serta produk Digga.PT. Tunas Habibi Indonesia berkomitmen untuk menyediakan hydraulic attachment berkualitas premium dan memberikan layanan prima kepada pelanggan secara menyeluruh dan profesional untuk mitra kami dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain.
    “PARTNER TERDEPAN & TERPERCAYA”

    Salam Hormat

    D,Handoko /Executive Offcer
    Mobile :089696159711 /081314196909

    ReplyDelete
  8. Pak, cara hitung muatan nya dump truck pake timbangan kan?

    ReplyDelete
  9. pk,saya butuh limestones bongkahan 1dumptruk index 24 pembuangan daerah subang brp? krim ke email rethafarrel@gmail.com.atau no wa sya.081384258866secepatnya?

    ReplyDelete
  10. kami ada tanah mengandung limestone di bojongmangu luas lebih 50ha, cari partner atau pembeli 087884572217

    ReplyDelete
  11. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete
  12. Seprtinya bapak admin ini salah satu supplyer atau kontraktor dr PT. JUISHIN ya pak?? Maaf pak, perkenalkan, nama sy Kartono, domisili di klapanunggal, 1 km ke quarry limestone, dan sy jg memang biasa melakukan pengiriman limestone serta bahan material alam lainnya. Dalam hal ini sy mau mengajukan kerjasama dlm hal pengiriman limestone ke PT. JUISHIN yg di dukung oleh armada dumptruck coltdisel pak. Barangkali nanti bapak membutuhkan sy, tolong di simpan saja no kontak sy. 082126365628/081318430414. Terimakasih .

    ReplyDelete
  13. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa.
    Kami bersedia bekerjasama serta menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    ReplyDelete
  14. nmr hp yg bisa dihubunginya pak

    ReplyDelete
  15. Bagaimana suply limestone masuk juhshin

    ReplyDelete
  16. Yang butuh limestone bs hub wa 089623547418 penambangan langsung dr kelapa nunggal bogor

    ReplyDelete
  17. Maaf numpang lapak min yang butuh solar untuk kendaraan alat berat pertambangan nya bisa hubungi saya ya 082361533898
    Utamakan Jabodetabek

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. deskripsi perusahaan : cv.arya putra mandiri adalah perusahaan swasta/perorangan yang bergerak dibidang packing material industry berdiri sejak tahun 1998 dan berkembang pesat sampai saat ini dengan kualitas terjamin dan bermutu kami sudah dipercayai dengan beberapa perusahaan di indonesia yang memerlukan packing menggunakan jumbo bag seperti pabrik: arang sawit, pasir, pasir besi, limbah, plastic recyle, pasir silica, soda ash, sodium, gula, tepung, dan lainya dengan ditambah legalitas company profil kami yang lengkap dan resmi, untuk anda yang ingin membutuhkanya bisa langsung hubungi contact kami dan alangkah lebih baik nya jika cocok dengan product jumbo bag ini kita bertemu langsung di gudang kami, dan jangan khawatir jika anda yang berada diluar pulau karena kami sudah berpengalaman pengiriman antar pulau seperti: kalimantan, batam, pekanbaru, jambi, pontianat, tarakan, makasar, palu, NTB, NTT, papua, dan lainya.
    product jumbo bag (bekas) : bekas biji plastic, pet resin, sodium sulfate, soda ash, soda dense, gula rafinasi, ex tapioca, ex melamine, ex semen sudah cuci, ex kapur sudah cuci dan lainya yang tidak akan terkontaminasi dengan bahan yang disi kedalam jumbo bag tsb.
    size jumbo bag: 1000kg: 90 90 100, 90 90 105-130, 100 100 100-120.
    500kg: 90 90 60, 90 90 70, 90 90 65, 85 85 60, 85 85 70.
    2000kg: 90 90 200, 100 100 180
    ~ KEPUASAN KONSUMEN ADALAH NOMOR 1 BAGI KAMI DENGAN MENYEDIAKAN BARANG YANG BERKUALITAS :)

    Cv.Arya putra mandiri
    untuk lebih jelasnya Hubungi kami Bpk.Fikri Efrido
    Contac person :
    Tlp/wa : 082118294180
    Tlp : 081278692200

    ReplyDelete
  20. Kami menjual aneka kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Jln. Padalarang - Bandung Barat.

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    ReplyDelete
  21. Assalammualaikum admin...saya butuh pengambilan bahan batu limstone indek24..butuh pengambilan sekala besar... Wa 081335281718

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf numpang posting

      Bila mana BPK/ibu membutuhkah limestone Klapanunggal .kita siap suplai kemanapun.
      Dan kita ada material alam lain seperti split batu dll. WhatsApp 081281828030

      Delete
  22. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual aneka kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Jln. Padalarang - Bandung Barat.

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.



    ReplyDelete
  23. Maaf numpang posting

    Bila mana BPK/ibu membutuhkah limestone Klapanunggal .kita siap suplai kemanapun.
    Dan kita ada material alam lain seperti split batu dll. WhatsApp 081281828030

    Reply

    ReplyDelete
  24. Silahkan hub saya apa bila membutuhukan batu limstone
    No tlp :085921472727

    ReplyDelete
  25. Saya butuh batu kapur bahan

    Harga berapa
    Kirim k kab.bandung

    ReplyDelete

Auto Backlink : OoneSeem