Home » » Memulai Bisnis Supply Batu Kapur

Memulai Bisnis Supply Batu Kapur

Seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya  "Bisnis Supply Batu Kapur". Ada tiga inti pokok yang berperan penting pada mata rantai bisnis supply ini yaitu:

1. Penyedia bahan baku (produsen) disini umum di sebut quary.
2. Penyedia sarana angkutan 
3. Penerima akhir (pengolah bahan baku) pelaku bisnis ini menyebutnya buangan.

Menyambung artikel yang lalu dimana pastinya ada satu pertanyaan yang hadir dalam benak, mengapa ada pengiriman bahan baku clinker dan bahan material alam pasir? Padahal yang dibicarakan adalah mengenai supply batu kapur. Pada bisnis supply yang dijalankan, intinya adalah supply bahan material alam batu kapur. Seiring perjalanannya terdapat pula pengiriman bahan baku clinker dan bahan material alam pasir. Kedua jenis bahan baku tersebut hadir pada jalur bisnis ini dan menjadi salahsatu sub dari supply batu kapur (istilahnya:Menyelam sambil minum air....Asal jangan ditelan aja nanti kembung perutnya) yang memberikan hasil dengan sedikit modal. Dimana modalnya adalah sarana angkutan itu sendiri yang kita peroleh dengan sistem sewa.

Pada bisnis supply bahan material alam batu kapur yang kami paparkan ini, berjalan dengan sistem pembayaran cash to cash. Dan pada prakteknya kita tidak menyuplai langsung ke factory tetapi kepada pemasok yang memiliki kontrak dengan factory. Merekalah yang membayar secara cash to cash dengan pembayaran paling lambat satu hari. Sedangkan bahan baku clinker adalah hasil produksi dari pabrik semen itu sendiri yang kita kirim ke lokasi sesuai pesanan dari pabrik. Sambil mengarah kembali kita mencari order pengiriman yang searah, dan kita peroleh pengiriman bahan material alam, sehingga pengiriman tersebut effisien dan memberikan hasil yang optimal. Dengan begitu beban sewa armada dapat kita tutup, dimana pada umumnya sewa angkutan dumptruk, beban sewa dibayar dimuka yang tentunya menjadi beban yang cukup memberatkan.

Dengan adanya pihak kontraktor tentunya mata rantai pada bisnis ini menjadi bertambah yaitu:

1. Produsen bahan material alam
2. Penyedia sarana angkutan
3. Supplier (kontraktor)
4. Factory (pabrik)

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis


Anggaran Modal Kerja:
Unit
Satuan
Jumlah
Satu Minggu
1
Sewa Armada Dumptruk
5
        1.200.000
            6.000.000
              42.000.000
2
Pembelian Limestone:


Padalarang
10
           800.000
            8.000.000


Klapanunggal
10
           900.000
            9.000.000

3
Beban operasional Armada
2
        2.840.000
            5.680.000

4
Beban gaji sopir
2
     12.000.000
         24.000.000

5
Cadangan Adm & Umum
1
        5.000.000
            5.000.000

6
Cadangan Gaji Karyawan
2
        3.000.000
            6.000.000
              57.680.000




Jumlah
              99.680.000







Biasanya sebelum memulai sebuah usaha yang dibicarakan pertama adalah berapa modal yang harus dimiliki dan berapa pendapatan yang akan diterima?. Pada artikel sebelumnya diberikan tabel mengenai modal kerja dan juga berapa pendapatan yang akan diterima. Tidak ada salahnya kita lihat kembali tabel

Pendapatan dan Pengeluaran 4 Rute



I
Pendapatan:
Unit Arnada
Kuantita
Harga Satuan
Jumlah
1
Supply Limestone
5
                    390
                  74.000
              28.860.000
2
Angkut Clinker
5
                    195
                  70.000
              13.650.000
3
Angkut Pasir
5
                    125
                  60.000
                7.500.000

Jumlah
              50.010.000


II
Pengeluaran
Unit Arnada
Harga Satuan
Jumlah

1
Limestone Padalarang
5
           800.000
            4.000.000

2
Limestone Klapanunggal
5
           900.000
            4.500.000

3
Beban operasional Armada
            2.840.000

4
Beban Sewa Armada
5
        1.200.000
         12.000.000

5
Gaji sopir per rute
5
        1.200.000
            6.000.000


 Jumlah
              29.340.000




Rugi laba Kotor
              20.670.000
*) Supply Limestone dihitung dua kali kirim melalui Padalarang & Klapanunggal Asumsi @39 Ton
*) Supply Clinker dari Karawang s/d Ciwandan asumsi @39 Ton per Armada
*) Angkut Pasir dari Ciwandan ke Cileungsi asumsi @25 Kubik per armada
*) Beban operasional armada dalam 4 rute
*) Beban sewa armada untuk 2 hari kali 5 unit @Rp. 1.200.000,-
*) Gaji sopir per rute Rp. 300.000 (all in pembagian untuk kernet dan makan)

Dari tabel tersebut kita lihat bahwa modal kerja keseluruhan yang harus di sediakan sebesar Rp. 99.600.000,- juta, dibulatkan Rp. 100.000,000,-. Ehm jumlah uang yang tidak sedikit bukan. Dan pendapatan yang akan dihasilkan sebesar 20 juta, benar tidak sih? Pasti begitulah pertanyaanya.

Beban biaya terbesar ada di sarana angkutan, mengapa? Ini disebabkan biaya sewa dumptruk dibebankan dimuka untuk masa sewa satu minggu.

Biaya operasional armada menjadi beban kita juga dan kita anggarkan Rp.5.680.000,- dikarenakan kita akan menggunakan sistem gaji per satu tujuan ke sopir maka beban untuk bahan bakar, beban tol dan biaya lain-lain yang sering terjadi dan menjadi hal umum kita anggarkan pula. Jumlah tersebut adalah untuk 2 (dua) kali putaran rute, satu back up dikarenakan pembayaran yang dibayarkan pihak supplier/kontraktor paling lambat satu hari. Sistem pembayaran sendiri dilakukan setelah surat jalan diterima pihak supplier. Sedangkan untuk beban pemeliharaan armada menjadi tanggungan pemilik armada, sesuai dengan perjanjian kontrak dan biaya sewa yang di atas harga umum.

Biaya gaji untuk sopir dibuatkan untuk dua kali putaran juga sebagai back up, dan yang utamanya adalah agar tidak menunggu dulu pembayaran hingga membuat armada tidak langsung jalan.

Biaya pembelian bahan baku ditetapkan per sepuluh DO, dimana hal ini adalah batas minimum pembelanjaan. Dan untuk masing-masing quary harganya berbeda harga per mobil dumptruk. Jika lebih banyak tentunya ada diskon dari pihak produsen, untuk menekan modal agar tidak terlalu besar kita pilih yang batas minimum setelah lancar putaran bisnisnya baru kita ubah strategi pembeliannya. Setelah semua biaya kita himpun dan pendapatan yang akan kita peroleh telah kita ketahui barulah kita buat rencana dasar untuk memulai bisnis ini, apa saja yang harus kita rencanakan?.

contoh surat hasil timbang
Mendatangi Pihak Supplier (Perusahaan yang ditunjuk oleh pabrik) Kita datangi supplier tersebut dan mengajukan untuk memasok bahan material kepada mereka. Biasanya mereka juga mengirim sendiri ke pabrik tetapi dalam jumlah yang kurang maksimal. Untuk memenuhi target PO bulanan mereka membuka pintu untuk kerja sama dengan pemasok. Mereka akan memberikan beberapa sistem bayar kepada pihak pemasok seperti sistem bayar per satu bulan dan cash to cash. Sistem bayar per satu bulan tentunya akan memberikan margin yang lebih besar dibandingkan dengan sistem cash to cash namun, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu mereka akan memberikan kepada kriteria atau speck bahan material yang layak dan masuk. Setelah itu barulah dibuatkan kontrak kerjasama dengan jumlah kuantita bahan material yang harus dikirim disesuaikan dengan kemampuan dari pihak pemasok.

Pada kontrak perjanjian itu wajib bagi kita untuk membaca secara teliti dan ajukan pertanyaan bila tidak memahaminya. Hal lain yang juga harus kita lakukan adalah negoisasi berkenaan dengan harga penerimaan mereka juga sistem bayar yang mereka lakukan. Ada tiga sistem bayar yang biasa terjadi yaitu; secara cash (uang tunai), cek tunai dan transfer. Untuk menjaga keamanan lebih baik kita pilih pembayaran dengan cek dan transfer antar bank. Pastikan juga Anda menerima order sesuai dengan kemampuan jangan sampai menerima dalam jumlah banyak namun pada akhirnya tidak dapat menyelesaikan order tersebut dan biasanya akan dikenakan penalty bila tidak mampu atau menyelesaikan order pada waktu yang sudah ditetapkan.

Hal lain yang harus menjadi pertimbangan adalah mengenai bahan material alam yang pada saat dikirim ternyata di tolak atau di reject karena tidak sesuai dengan spek. Padahal kita yakin barang tersebut telah sesuai dan dari tempat yang sama dalam hal pengambilannya. Jika ini terjadi akan menjadi beban bagi kita, karena pada kontrak akan tercantum poin seperti itu. Pastikan kita sudah dapat mengantisipasi hal itu, dan kita memiliki corong atau buangan lain sebagai alternatif apabila hal itu terjadi. Kedua yang biasanya sering terjadi adalah kelebihan pengiriman damana bila melebihi batas jumlah yang ditetapkan dari PO maka pembayaran akan terhambat bisa satu atau dua minggu tergantung dari PO supplier yang kembali turun dari pabrik. Biasanya pihak supplier akan mencantumkan mengenai hal itu dalam kontrak kerjasama. Tentunya kita harus jeli dalam merekap jumlah pengiriman yang sudah terkirim dan sudah memprediksi, misalkan dengan jumlah PO 3000 ton dapat diselesaikan dengan waktu berapa lama.
Selanjutnya hal yang harus kita lakukan adalah mencari informasi mengenai perusahaan tersebut. Bagaimana kredibilitas dari perusahaan yang akan bekerjasama dengan kita. Biasanya pencarian informasi seperti ini tidaklah begitu sulit, untuk dilapangan banyak cara agar kita memperoleh informasi yang di butuhkan. Sebuah informasi amat penting dalam segala bentuk bisnis yang akan dijalankan, tanpa informasi kita tidak akan dapat mengetahui arah dan tujuan yang hendak dicapai.

Mendatangi pihak produsen (quary) Kita datangi produsen dan melihat situasi track atau medan yang akan dilalui, hal ini penting untuk pengkondisian armada. Barulah kita lihat bahan material alam batu kapurnya, kita lihat dari segi ukuran masuk ke speck yang diminta atau tidak. Biasanya produsen atau quary yang memiliki pengolahan batu kapur memproduksi batu kapur dalam beberapa ukuran. Lanjut kita cek dari segi kualitasnya, biasanya quary yang sudah mapan memiliki hasil cek hasil lab. Setelah semua kita tinjau dengan seksama barulah kita bicarakan mengenai kerjasama diantara kita dengan pihak quary termasuk didalamnya mengenai harga dan sistem pembayaran.
Sedapat mungkin kita negoisasikan mengenai masalah kualitas barang dan bagaimana jika barang yang dimuat dan dikirim ternyata jauh dari speck yang sudah ditetapkan. Biasanya sebelum melakukan pengiriman secara kontinuiutas, kita mengirimkan sampel sebanyak satu unit tronton untuk diuji lab kembali apakah sesuai dengan sampel pertama yang diajukan.

Mengapa hal ini harus dinegoisasikan dengan pihak produsen?. Kita harus dapat menjaga kredibilitas sebagai pemasok dan juga untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi nantinya. Biasanya pihak produsen tidak selalu turun kelapang meninjau pekerjaan orang-orang lapangan. Dan efek yang akan timbul adalah mereka memasukan barang tidak terkontrol. Hal yang timbul adalah kualitas barang menjadi tidak terkontrol dan yang akan dirugikan adalah kita selaku pemasok. Biasanya barang yang di reject atau ditolak adalah batu kapur yang bercampur dengan tanah, hal ini akan fatal akibatnya barang kita kena tolakan dan efek lainnya adalah armada yang membawa barang yang kurang baik selama 3 x 24 jam tidak boleh kembali mengirim ke pabrik. Berapa kerugian yang ditimbulkan oleh sebuah kecerobohan? Tentunya nilai yang besar bukan? Bukan saja diukur dari nilai bahan yang ditolak tapi dari sewa armada pun kita akan menderita kerugian. Bayangkan bila kita tidak memiliki lagi order ke tempat lain, selama tiga hari armada tidak akan bisa jalan dan sewa tetap harus kita tutup.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut tentunya kita harus mencari solusi menang-menang antara kita dengan pihak produsen. Intinya dalam bisnis kita jangan pernah tertutup untuk ungkapkan permasalahan yang akan terjadi. Hal ini akan lebih mudah nantinya dimana adanya saling keterbukaan diantara kita dan produsen. Komunikasi dua arah ini sangat penting untuk kita lakukan agar kemitraan yang terjalin menjadi sebuah kemitraan yang bersahabat.

Meninjau lokasi factory (buangan) Kita dapat mendatangi factory sebelum melakukan pengiriman. Dalam hal ini peninjauan kita hanya sebatas untuk mengukur jarak dan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan satu kali pengiriman. Kita tidak akan mungkin dapat menanyakan hal lain diluar pengiriman karena koridor kita hanyalah sebatas pengiriman saja lain daripada itu adalah koridornya supplier. Tetapi tidak ada salahnya apabila kita pun mencari tahu tentang kriteria bahan atau barang yang akan kita kirim. Hal ini juga akan menjadi poin tambahan bagi kita dalam melaksanakan pengiriman.
Hal-hal yang harus kita ketahui adalah proses penerimaan hingga bongkar. Jika waktu dalam proses sudah dapat kita ketahui hal ini akan memudahkan kita untuk membuat jadwal pengiriman. Selain itu yang harus kita ketahui adalah track yang akan dilalui oleh armada dan kita lihat kondisi di lapangan. Biasanya pada bisnis yang berkenaan dengan bidang ekspedisi ini akan ada yang namanya biaya lain-lain diluar biaya yang ada. Banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan pada bisnis yang menyangkut bidang ekspedisi baik pungutan resmi maupun tidak resmi. Pengukuran jarak dan kondisi dilapangan ini harus kita survei dahulu untuk memastikan kita beban biaya yang harus dikeluarkan.

Mendatangi Pihak Armada pada area ini kita harus waspada selain di quary yang harus diperhatikan dengan baik adalah di wilayah ini. Dimana sudah banyak korban yang tertipu di sini, karena apa bisa  hingga banyak korban berjatuhan terkena “tipu”. Pertama, sangat jarang sekali informasi mengenai kantor armada dumptruk dan menjadi faktor kesulitan bagi calon penyewa atau pun pemakai untuk menemukan dan langsung mendatangi kantor armada. Kedua, banyak “pemain” yang bermain disana terutama perantara atau broker dan kebanyakan hanyalah oknum. Dengan tidak langsung datang ke kantor armada selain banyaknya “penipuan” juga bila melalui perantara pastinya akan menjadikan harga sewa tinggi, karena biasanya calo menitip harga kisaran Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 per unit dan itu bukan untuk satu kali saja tetapi selama kita menyewa maka beban biaya itu akan terus saja ada. Bukannya antipati dengan broker atau pun calo, namun untuk menekan biaya juga adalah untuk keamanan alangkah baiknya jika kita langsung menemui pihak pemilik ataupun kantor armada.

Setelah bertemu dengan pemilik ataupun pengelola di kantor resmi pemilik armada, biasanya kita akan diajak untuk melihat unit armada yang tersedia, kemudian kita akan diminta membuat LoI yaitu surat tanda minat kita untuk memakai dan menyewa armada dumptruk tesebut. LoI berisi akan minat kita dalam menyewa, sistem bayar, harga sewa dan rute serta barang yang akan di angkut melalui dumptruk pihak armada. Setelah itu barulah dibuatkan surat kontrak sewa menyewa atau MoU yang berisi kesepakatan bersama antara pihak pemilik dan penyewa, yang tertuang dalam MoU. Setelah segala seuatu disepakati barulah armada yang kita sudah pilih diberngkatan ke tujuan awal yang sudah disepakati, nah disini kita akan dikenakan biaya mobilisasi armada yang besarnya tergantung kesepakatan/ dan pembayaran ada yang 50% dimuka, full 100% bahkan ada dibayar setelah armada sampai ditujuan. Pembayaran sewa biasanya diabayarkan setelah armada sampai ditujuan.

Catatan Adminitrasi dan Pelaporan Selanjutnya adalah mempersiapkan catatan administrasi dan pelaporan keuangan, buatlah catatan dan laporan yang sederhana dan mudah bagi kita. Sebuah catatan dan pelaporan kinerja perusahaan adalah penting dengan tertib administrasi dan catatan yang rapi atas keuangan akan memudahkan kita menelusuri kemana aliran dana berputar. Dan yang utama adalah dengan adanya catatan ini akan memberikan gambaran usaha yang dijalankan, apakah usaha ini sehat, layak atau tidak sehingga dengan cepat dapat kita analisa dan kita “obati” bila bisnis ini tidak sehat atau kurang bagus, separah-parahnya pasti di-cut bila kerugian sudah melewati batas aman yang kita tentukan. Lebih baik mengamputasi dari awal daripada dibiarkan dan menggeroti keuangan kita lebih dalam lagi. Hanya saja dalam administrasi dan pencatatan dibuat sederhana dan yang mudah dipahami, percuma membuat catatan yang tidak bisa kita mengerti.



Sponsor Kami:


Anda menyukai tanaman atau hobby bercocock tanam? Jadikan hobi Anda menjadi sebuah bisnis bercocock tanam dengan cara hidroponik ala Aquaponik......Dapatkan Informasinya disini 


note 5





CLIK HERE






1 komentar:

  1. Pusat Penjualan Essen dari Aquatic Essence
    http://umpanikanmasgalatama.xyz

    ReplyDelete

Auto Backlink : OoneSeem