Home » » Bisnis Naga bulan dan Zebra Yang Berjaya

Bisnis Naga bulan dan Zebra Yang Berjaya

Ilustrasi by: google.com
Anda yang pernah ke kota Bogor tentunya sangat mengenal akan asinanBogor, togegoreng dan donclang, makanan khas kota Bogor. Kota Bogor yang di kenal juga sebagai kota hujan dan memiliki sebuah kebun yang sangat populer yaitu kebun raya Boogor yang terletak di jantung kota. Bogor bukan saja memiliki penganan yang khas seperti yang disebut di atas, kota kecil yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta ini juga memiliki dua produk istimewa yang melegenda dari kota ini.

Kedua produk itu adalah kecapmerek Zebra dan kopi bubuk merek LiongBulan, kecap Zebra ini menjadi salah satu kecap produk asli kota Bogor yang hingga saat ini eksis dan memiliki hati di tempat penggemarnya, produk kecap ini hingga saat ini masih di produksi secara tradisional tapi masalah rasanya masih tetap sama dari masa ke masa. Mungkin sekarang sesuai dengan tuntutan persaingan produk dari kecap ini mulai menggunakan kemasan sachet dan juga botol plastik. Awal pembuatan produk ini hanya di kemas dalam bentuk botol. Pemasaran kecap ini bukan saja di wilayah Bogor namun, masuk juga di wilayah Sukabumi, Depok dan Bekasi.

Begitu juga dengan produk kopi merek Liong bulan ini, sejak tahun 1945 hingga kini masih eksis walau persaingan bisnis ini semakin ketat. Produk kopi bubuk bukan saja mendapat saingan dari pabrik-pabrik skala Nasional tetapi dari luar juga ikut meramaikan pasar kopi yang memiliki potensi market yang besar ini. Negara Indonesia sendiri memiliki satu kebiasaan dari masyarakatnya yang gemar meminum kopi, hal ini tentunya menjadi satu alasan yang kuat bagi produk baik nasional maupun internasional berebut porsi pasar yang besar ini.

Mengapa produk kecap “Zebra” dan kopi “Liong Bulan” hingga saat ini masih bertahan dan memiliki basis penggemar yang setia ditengah gempuran produk dari luar Bogor yang banyak memasuki arena pasar di kota ini?. Padahal kecap dan juga kopi yang ditawarkan oleh produk pesaing adalah sama, jika dilihat dari bentuk dan rasanya, bahan dasarnya juga sama bukan?. Inilah salah satu kehebatan dari sebuahbrand yang sudah di bangun bertahun-tahun dan tetap di jaga hingga saat ini menjadikan “dua” produk asli kota Bogor ini masih bertahan hingga saat ini.


Sebuah brand sangat penting bagi usaha tanpa brand siapa yang tahu akan produk yang ditawarkan. Brand yang memiliki nilai dan memberikan nilai pada konsumen adalah itu yang dicari oleh setiap konsumen. Hanya brand yang memiliki kekuatan dan telah menempel di hati pelanggannya tidak akan menggeser atau memalingkan konsumen ke produk yang lain. jika sudah begini brand tersebut telah menciptakan “Pengikut” bukan “Loyalitas”, jika sebuah brand sudah menjelma dan membuat jaringan pengikut ini akan sulit bagi kompetitor “merobohkan” kekuatan jaringan pengikut sebuah brand. Untuk itulah sangat penting bagi bisnis baru untuk membangunsebuah brand dan menciptakan brand yang kuat dan tak tergoyahkan, butuh proses dalam hal ini agar sebuah brand menempel dalam hati konsumen. 



0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem