Salah satu
hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai usaha adalah membuat perencanaan
usaha yang lebih sering disebut perencanaan bisnis (business plan). Kegunaan perencanaan
bisnis adalah untuk mengetahui gambaran bisnis Anda, sehingga dapat diketahui
perkiraan kebutuhan, modal, dan alur operasional serta target pencapaian usaha.
Selain itu perencanaan usaha dapat memandu Anda dalam menjalankan usaha serta
menjadikan Anda lebih fokus dalam berbisnis dan tentunya jalan Anda semakin
terarah. Di bawah ini disampaikan panduan format perencanaan bisnis tepat guna,
semoga bermanfaat.
Ide
bisnis jenis usaha pilihan
Pada awal perencanaan
bisnis, tulislah jenis usaha Anda dengan namanya dan keterangan singkat
mengenai usaha
Alasan
yang melandasi pemilihan bisnis
Alasan yang membuat
Anda memilih bisnis ini, seperti memiliki keahlian, visi misi, menemukan
peluang, melihat prosfek masa depan, dan sebaginya.
Sebaiknya Anda mengetahui:
|
Apa
yang akan dijual
Menerangkan produk
yang hendak dijual secara terperinci, contohnya: makanan, produk jasa dengan
keterangan yang lebih spesifik.
Apa
kebutuhan dari jenis usaha yang dipilih
Pertimbangkan secara
masak-masak apa saja kebutuhan yang akan digunakan dalam usaha berikut jumlah
kebutuhan dan perkiraan harganya. Sebaiknya memisahkan catatan kebutuhan peralatan
poko usaha dan kebutuhan penunjang usaha, seperti ixin usaha, penyewaan aset,
renovasi, dan sebagainya.
Rencana
lokasi yang dipilih
Membuat perencanaan
lokasi usaha yang akan dipilih berikut keunggulannya. Akan lebiih baik jika
memberikan alternatif pilihan lokasi yang lain beserta analisis keunggulannya.
Berapa
tenaga kerja yang dibutuhkan?
Membuat perencanaan
tenaga kerja yang dibutuhkan untuk usaha Anda beserta kriteria yang diinginkan.
Setelah itu, buat standar gaji untuk tiap-tiap pekerja. Perencanaan ini berguna
sebagai gambaran perkiraan kebutuhan tenaga kerja dan perhitungan kebutuhan
tenaga kerja dan perhitungan kebutuhan gaji setiapn bulannya.
Siapa
pesaing terdekat
Amati siapa saja
pesaing Anda dengan menganalisa keunggulan dan kekurangannya. Kemudian, buat
perencanaan langkah yang dapat Anda lakukan agar usaha Anda bisa menjadi lebih
baik dari pesaing dan buat langkah antisipasi agar Anda tidak mengulangi
kekurangan yang dilakukan oleh pesaing Anda. Buat rencana tindakan dan
perhitungkan pula biaya dari pelaksanaan tindakan tersebut.
Strategi
pemasaran yang akan dilakukan
Rencana strategi
pemasaran Anda, dan pilihlah strategi yang paling tepat untuk usaha Anda. Strategi
pemasaran juga disertai perhitungan biaya pemasaran yang dibutuhkan. Strategi pemasaran
untuk usaha sebaiknya mengacu pada:
Strategi
tempat (Place)
Strategi yang
meletakkan keunggulan pada lokasi usaha
Strategi
harga (price)
Strategi yang fokus
pada keunggulan harga
Strategi
produk
Strategi yang
mengutamakan keunggulan produk atau jasa yang dijual
Strategi
promosi
Strategi yang
menggunakan cara-cara promosi yang efektif untuk tiap-tiap jenis usaha
Perkiraan
modal usaha
Membuat perkiraan
kebutuhan modal usaha, berapa modal investasi dan modal kerjanya buat dengan
terperinci (detail).
Perkiraan
perhitungan keuntungan usaha
Penentuan Harga Poko
Penjualan (HPP)
Penentuan Harga Jual
Perkiraan Laba Kotor
Perkiraan Laba Bersih
Alokasi
Laba Usaha
Alokasi laba akan
berbeda setiap bulannya bergantung pada pemasukan, tetapi persentase alokasinya
sama. Persentase alokasi tidak selalu baku karena disesuaikan dengan kebutuhan
pemilik usaha.
Perkiraan
BEP (Break Even Point)
Perkiaraan BEP disini
adalah perhitungan kembalinya modal kita yang ditanamkan pada usaha ini, pada
titik ini akan ditemukan adanya pulang pokok dari modal kita.
Kesimpulan
tentang usaha
Buatlah narasi tentang
usaha dan target-target yang ingin dicapai oleh usaha Anda setiap tahunnya.
0 komentar:
Post a Comment