ilustrasi by:google.com |
Sebuah elemen penting untuk setiap usaha kecil yang sukses adalah
mengembangkan rencana pemasaran yang efektif. Sementara bisnis yang lebih besar
memiliki kemampuan untuk berinvestasi dalam jumlah besar dari sumber dayanya
untuk anggaran pemasaran mereka, sebagian besar usaha kecil tidak memiliki hal
itu. Kunci untuk usaha kecil adalah mencari tahu bagaimana mendapatkan
yang paling effisien mengenai biaya pemasaran mereka.
Berikut adalah poin-poin dalam membuat rencana pemasaran yang hemat biaya.
Jangan buang waktu melakukan hal-hal yang
tidak baik . Langkah pertama dalam
menciptakan strategi pemasaran yang sukses adalah untuk melaksanakan hanya
hal-hal yang Anda merasa nyaman melakukannya. Misalnya, memaksimalkan pemasaran
melalui email, promosikan usaha Anda melalui email dengan tulisan yang singkat,
padat dan mudah di pahami. Jangan membuat tulisan yang berkesan memelas atau
memohon bantuan, selanjutnya upayakan ada sisi yang memberikan pemecahan
masalah bagi konsumer melalui usaha Anda. Kedua, mengadakan kampanye iklan
dengan membayar biaya per-klik yang disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.
Gunakan promosi untuk membuat pelanggan
merasa istimewa . Salah satu cara yang ampuh
adalah memberikan kepada pelanggan kebebasan dalam memilih dan menghargai
setiap apa yang mereka inginkan. Meminta dengan hormat dan bersahabat kepada
pelanggan untuk memberikan saran dan kritik akan produk atau penawaran yang
diberikan oleh kita, ingat pelanggan adalah raja yang mana lewat mereka usaha
kita dapat berjalan dari mereka juga usaha kita dapat berhenti, selalu berikan sisi
baik dan tonjolkan nilai Anda.
Menjadi pemimpin bisnis. Jangan hanya duduk dan berdiam ditempat, lakukan jemput bola mencari
pelanggan. Anda dapat melakukannya melalui sebuah komunitas dan aktif dalam
komunitas itu, ingat dalam setiap anggota komunitas ada beberapa rekan
dibelakang mereka yang dapat di informasikan olehnya mengenai usaha kita. Anda
juga dapat melakukannya di beberapa media sosial dan beberapa forum diskusi.
Mengucapkan terima kasih . Salah satu cara yang sederhana namun sangat ampuh adalah selalu
mengucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan yang telah memakai produk kita
atau pun sekedar berkunjung ke tempat usaha kita. Kirimi pelanggan dengan email
terimakasih dan berilah mereka kesan yang baik akan diri Anda dan usaha Anda. Tidak
hanya meninggalkan pelanggan dengan kesan yang baik, tapi juga berfungsi
sebagai pengingat kepada mereka bahwa mungkin ada sesuatu yang lain yang mereka
ingin memesan.
Mengubah apa yang tidak bekerja . Selain berfokus pada apa yang dilakukan, pemilik usaha kecil
tidak usah menjadi takut untuk mengubah rencana mereka ketika beberapa aspek tidak
bekerja. Hal ini akan memberikan Anda solusi baru yang dapat mengubah hal yang
tidak berjalan efektif menjadi berjalan dan tentunya membuahkan hasil yang
diharapkan.
Pemilik usaha kecil perlu membuat rencana pemasaran agar diketahui sampai
dimana usaha yang dijalankan telah bergerak dan dikenal oleh masyarakat atau
segmen pasar yang dibidik. Selanjutnya mereka harus dapat menjaga dan memanage
pelanggannya agar tetap royal dan diharapkan bertumbuh sesuai dengan yang
diharapkan. Rencana pemasaran adalah penting bagi sebuah usaha tetapi harus
tetap diukur dengan budget yang dimiliki, buatlah rencana pemasaran yang
sederhana, budget rendah namun efektif dan effisien serta memberikan feedback
yang diinginkan.
0 komentar:
Post a Comment