Home » » Menyiasati Modal Yang Minim

Menyiasati Modal Yang Minim

Ilustrasi by: google.com
Modal adalah segalanya untuk membuka usaha baru, tidak ada modal mana bisa membuka usaha, atau modalnya kecil tanggung untuk buka usaha tidak bisa buat apa-apa. Benar usaha membeutuhkan modal, apakah Anda yang memiliki keterbatasan modal bisa membuka usaha? Bagi pemula yang ingin buka usaha dan memiliki modal yang terbatas sebaiknya jangan mengurungkan niat untuk membuka usaha, ada solusi untuk mengatasi hal ini.

Kebanyakan pemula usaha berharap pinjaman modal usaha dari bank dapat diperoleh untuk awal usaha. Tetapi hal itu tentu saja tidak akan dapat dipenuhi sebab rata-rata bank di Indonesia memberikan pinjaman untuk usaha yang telah berjalan sekurang-kurangnya 2 tahun dan usaha tersebut dianggap sudah dapat memperoleh laba usaha. Adapun program khusus dari perbankan, seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang disediakan untuk memberikan pinjaman bagi pengusaha kecil tetap saja diperuntukan bagi usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Hal ini perlu dimaklumi karena bank menjalankan amanah untuk mengelola uang nasabah sehingga dapat mengucurkan pinjaman pada usaha yang sudah berjalan baik dengan harapan dapat mengurangi risiko.

Sebagai pemula dalam dunia usaha, yang dibutuhkan adalah berpikir kreatif untuk mengatasi masalah modal. Ada langkah-langkah kreatif yang dapat dilakukan sebagai solusi masalah permodalan. Setidaknya langkah-langkah tersebut dapat meminimalisasi masalah permodalan yang dihadapi. Berpikir kreatif merupakan salah satu kunci dalam setiap langkah usaha, berikut langkah-langkah kreatif dalam menyiasati masalah permodalan.

Memaksimalkan aset dan peralatan yang dimiliki
Memiliki peralatan dan aset yang memadai merupakan keinginan setiap pemilik usaha. Tetapi, bagi yang memiliki kendala modal usaha tentu harus pintar-pintar dalam hal ini. Dengan jumlah yang terbatas kemungkinan tidak semua peralatan dan aset dapat dibeli. Untuk itu Anda harus menyiapkan langkah kreatif dengan mendata peralatan dan aset yang ada yang mungkin dapat dimanfaatkan atau dipakai pada usaha baru. Aset rumah tinggal dapat dijadikan sebagai tempat usaha agar tidak perlu menyewa tempat usaha. Maksimalkan aset yang Anda miliki dan kekuranganya baru dibeli sesuai dengan skala prioritas bdan tentunya disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Melobi pemilik aset untuk usaha
 Jika aset menjadi kendala bagi Anda, seperti lokasi usaha atau kendaraan untuk usaha, Anda dapat mencoba untuk melobi pemilik lokasi yang Anda tuju. Melobi dalam hal ini berarti Anda mungkin dapat menggunakan tempat usaha tanpa membayar sewa penuh secara tahunan, tapi mungkin bisa secara bulanan. Bahkan jika Anda pintar dalam melobi, Anda dapat menggunakan lokasi dengan sistem bagi hasil. Dengan sistem bagi hasil diharapkan Anda tak perlu khawatir untuk membayar sewa aset saat pasang surut dalam usaha. Bila Anda ingin memiliki aset usaha tapi terbentur kendala uang, Anda pun dapat melobi pemilik aset untuk dapat mencicil aset usahanya. Jika Anda pintar dalam melobi, Anda dapat mencicil aset tanpa ada bunga tambahan, seperti cicilan kredit bank. Keahlian melobi sangatlah penting karena biasanya aset membutuhkan biaya modal tertinggi dalam beberapa jenis usaha.  

Mulai dengan down payment (DP)
Bagi Anda yang memiliki jenis usaha dengankebutuhan modal kerja yang besar, Anda dapat menerpakan sistem down payment atau uang muka sebelum menerima pesanan pekerjaan. Dalam hal ini perlu kepiawaian dalam negoisasi sehingga berhasil mendapatkan uang muka yang persentasenya besar. Dengan mendapatkan down payment (DP) yang besar diharapkan dapat mengurangi pengeluaran modal kerja dalam usaha. Hal ini tentu akan meringankan masalah modal yang Anda hadapi.  

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem