Home » » Rencana Pemasaran Sederhana

Rencana Pemasaran Sederhana

Ilustrasi by :google.com
Bagian yang seringkali terabaikan oleh seorang pengusaha adalah rencana pemasaran. Dimana biasanya pemasaran ini tidak dimunculkan sebagai draft bagian atas dari daftar rencana yang harus dilakukan. Sementara rencana bisnis membantu memetakan arah untuk perusahaan Anda, rencana pemasaran membantu perusahaan Anda memahami bagaimana untuk sampai ke sana dengan merinci langkah-langkah penting di jalan untuk menciptakan hubungan pelanggan.

Hal yang paling penting untuk bisnis kecil masukkan dalam rencana pemasaran adalah pemahaman yang sangat jelas dari pelanggan dan pesaingnya. Meskipun rencana pemasaran dapat formal atau informal, minimal itu menggambarkan siapa pelanggan Anda, di mana mereka mendapatkan informasi, dan bagaimana Anda akan menjangkau mereka.

Dalam pengembangannya rencana pemasaran memerlukan empat tugas-tugas tertentu:
Mengembangkan wawasan yang sangat jelas dan terfokus ke mengapa pelanggan potensial akan menggunakan bisnis Anda. Lebih khusus, apa kebutuhan inti yang produk atau jasa Anda akan penuhi? Apakah itu untuk membantu pelanggan Anda melewati hari dengan lebih mudah? 

Melakukan pekerjaan mereka lebih efisien? Penawaran Anda harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dari kompetisi.
Mengidentifikasi target pelanggan Anda. Ada banyak pelanggan potensial di sebagian besar pasar, tetapi untuk berhasil lebih cepat dan lebih baik, usaha kecil harus mempelajari pasar dalam menentukan karakteristik target pelanggan terbaik. Target pelanggan harus dijelaskan secara rinci. 

Dengan demikian, bisnis juga mengembangkan gambaran yang lebih jelas dari pendapatan penjualan yang diharapkan dan keuangan.

Mengidentifikasi pesaing yang juga ingin target pelanggan Anda. Selalu ada pesaing - tidak pernah 
membuat kesalahan dengan menganggap tidak ada. Usaha kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari pesaing mereka secara mendalam. Tapi Anda harus memahami siapa pesaing Anda, apa keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka akan menanggapi penawaran Anda (potongan harga, meningkatnya komunikasi, dll).

Menuliskan pernyataan brand-positioning Anda untuk target pelanggan Anda. Pada akhirnya, merek Anda dan apa yang melambangkan bagi pelanggan akan keunggulan kompetitif terkuat Anda. Anda harus bisa menuliskan kalimat deklaratif sederhana bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengalahkan kompetisi. Laporan posisi terbaik adalah mereka yang single-minded dan fokus pada kebutuhan pelanggan.

Sementara langkah-langkah ini adalah titik awal yang baik, perusahaan juga perlu untuk memasukkan beberapa saluran ke dalam rencana pemasaran mereka. Beberapa saluran yang paling populer untuk bisnis saat ini meliputi:

Pemasaran media sosial
Media sosial telah menjadi bagian penting dari rencana pemasaran bisnis '. Bisnis yang belum menyadari peluang yang ada dalam Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan jaringan lain, mereka akan kehilangan momentum. Meskipun konsep pemasaran media sosial dapat membanjiri pemilik usaha kecil tertentu, proses tidak perlu menjadi tantangan, karena layanan lebih dan perusahaan yang bermunculan lebih banyak dan lebih sering. Mediasosial dan internet kini menjadi sebuah kebutuhan bukan lagi sekedar hiburan. Jangkauan dari internet yang tak mengenal ruang dan waktu sangat efektif sebagai tempat dalam menyampaikan informasi tentang bisnis Anda, strategi ini terbukti ampuh di era teknologi saat ini.

Email pemasaran
Meskipun pemasaran email mungkin tidak seperti baru dari konsep pemasaran media sosial, itu adalah pilihan yang efektif dan populer untuk banyak pemilik usaha kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik email marketing dalam berbagai cara, termasuk newsletter, kampanye promosi dan email transaksional.

Handphone pemasaran
Popularitas smartphone dan tablet telah membantu mengubah cara perusahaan menargetkan pelanggan mereka. Akibatnya, perusahaan mencari untuk menerapkan strategi yang menjangkau pelanggan pada perangkat mereka. Ponsel pemasaran tidak harus dianggap perpanjangan belaka email atau pemasaran online, namun. Karena banyak konsumen memiliki perangkat mobile yang setiap saat ada dalam genggamannya, sebuah teks promo akan mendorong pemberitahuan dan hal ini dapat lebih efektif dan efisien dikarenakan langsung mengarah pada end user.
Untuk mengoptimalkan kehadiran pemasaran mobile Anda, hati-hati mempertimbangkan bagaimana dan kapan Anda menjangkau pelanggan seluler Anda. Peka terhadap kapan dan mengapa mereka menggunakan ponsel mereka, dan menawarkan mereka informasi yang berkaitan dengan situasi mereka.

Langkah selanjutnya
Setelah strategi diidentifikasi untuk setiap saluran, Anda perlu mencari tahu strategi Anda. Berapa banyak Anda bersedia untuk menghabiskan di setiap saluran? Hasil apa yang Anda harapkan untuk melihat? Tugas apa yang harus Anda capai untuk setiap langkah dalam proses Anda? Membuat daftar didefinisikan dengan baik anggaran, tujuan dan item tindakan, dengan personil yang tepat ditugaskan untuk setiap, dapat membantu membuat rencana pemasaran Anda menjadi kenyataan.

Hal ini juga penting untuk memutuskan terlebih dahulu bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan. Apakah Anda berharap untuk melihat peningkatan penjualan atau lalu lintas, atau kontak klien baru? Set enam bulan untuk setiap saluran, dan membandingkan hasil terhadap upaya sebelum dan sesudah adanya program dari strategi pemasaran Anda. Jika saluran adalah berkinerja buruk, memeriksa konsekuensi untuk meninggalkannya dan untuk menambahkan lebih banyak sumber daya. Meminta pelanggan Anda untuk menyelesaikan survei email tentang kebiasaan sosial media mereka dalam pertukaran untuk kupon atau diskon dapat membantu Anda belajar berhubungan secara emosional dengan pelanggan dalam upaya pemasaran Anda.

Selanjutnya:
Pilihan::

Rujakan::
Mengembangkan Rencana Pemasaran
Starup: Strategi Pemasaran Gerilya

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem