Home » » Bisnis Suku Cadang Masih Memiliki Prospek?

Bisnis Suku Cadang Masih Memiliki Prospek?

Suku cadang (spare parts) adalah bagian dari alat, mesin atau kendaraan yang disediakan untuk penggantian. Penggantian bagian tersebut perlu atau harus dilakukan karena terjadinya keausan, kerusakan oleh sebab dari luar atau tidak berfungsinya komponen tersebut sesuai dengan standar kinerja yang diharapkan. Penyediaan suku cadang adalah suatu keharusan, untuk menjamin bahwa alat, mesin, atau kendaraan dapat tetap bisa berdayaguna setidaknya selama umur ekonomisnya. Di Indonesia banyak alat, mesin atau kendaraan digunakan jauh lebih lama dari umur ekonomisnya, sehingga suku cadang yang harus disediakan juga mencakup tipe alat, mesin dan kendaraan yang masih banyak digunakan oleh masyarakat.


Jika melihat dari data pertumbuhan produksi kendaraan baik jenis motor, kendaraan penumpang hingga angkutan barang dari tahun ke tahun mengalami penaikan. Jumlah kendaraan yang beroperasi di Indonesia begitu banyak dan hal ini tentunya sebuah peluang bisnis yang tercipta bagi pengadaan suku cadang atau spare parts. Data jumlah kendaraan dari tahun 2012 hingga 2015 dapat kita lihat di bawah ini:

Jenis
2012
2013
2014
2015
Motor
  77.500.000
     86.225.300
    95.710.083
  108.152.394
Pertumbuhan
11%
11%
13%
Mobil Penumpang
     9.524.000
     10.540.000
    11.910.200
     13.696.730
Pertumbuhan
11%
13%
15%
Mobil Barang
     4.723.000
       5.156.000
       5.620.040
       6.013.443
Pertumbuhan
9%
9%
7%











Kendaraan penumpang dijual dalam jumlah yang jauh lebih banyak untuk setiap tipenya dan tersebar luas di berbagai wilayah, sehingga suku cadang yang harus disediakan juga cukup banyak. Dengan demikian pertumbuhan bisnis yang diduga dari permintaan suku cadang kendaraan dapat diprediksi dari besarnya permintaan atau penjualan kendaraan. Besarnya pertumbuhan penjualan kendaraan penumpang didukung oleh skema pembiayaan yang beragam dan mudah diakses oleh masyarakat yang berminat memiliki kendaraan tersebut. Sebagiai contoh, berapa banyak oli mesin yang di butuhkan setiap bulannya atau periode tertentu yang biasanya paling lama berlangsung tiga bulan sekali ganti oli tergantung pemakaian ini baru dari ganti oli belum untuk spare parts-nya. Jika rata-rata untuk motor terjadi penggatian spare parts setiap bulannya bernilai Rp. 100.000,- berapa nilai transaksi yang terjadi? Belum dari mobil penumpang dan mobil barang, tentunya ini merupakan sebuah pasar yang besar bukan?.

Jika dalam hal ini kita membidik pangsa pasar mobil penumpang yang akan kita jadikan sebagai bisnis pengadaan spare parts dan jasa pemasangannya masihkah kita memiliki prospek dalam bisnis ini?.  Permintaan suku cadang juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, pada saat daya beli menurun, pemilik kendaraan cenderung menunda penggantian suku cadangnya, sepanjang masih bisa berfungsi, walaupun petunjuk pemeliharaan kendaraan sudah merekomendasikan penggantian. Namun demikian perkiraan pertumbuhan bisnis yang diduga dari permintaan suku cadang kendaraan penumpang dalam keadaan ekonomi normal adalah sebesar 13 - 17% per tahun.

Sebaiknya Anda mengetahui:

Selain menjual suku cadang, kita juga dapat menyediakan komponen pelengkap tambahan kendaraan (asesories), termasuk untuk audio dan video, dan komponen yang bersifat umum seperti mur, baut, clamp dan lainnya yang bisa digunakan pada berbagai jenis kendaraan. Jenis barang yang dijual pada umumnya terdiri atas 2 atau 3 merek (brand) kendaraan penumpang umum, sebagian ada yang lebih dan sebagian yang lain ada yang hanya satu merek. Penetapan suku cadang untuk merek kendaraan penumpang tertentu pada umumnya didasarkan pada hal-hal sebagai berikut:

- Merek-merek dari negara yang sama (Jepang, Jerman, Korea, Amerika, Perancis
dan sebagainya)
- Merek-merek yang dikuasai oleh perusahaan yang sama (Astra, Indomobil dan
sebagainya)
- Merek (brand) kelas atas (Mercedes Benz, BMW, Rover dan lainnya)
- Menjual suku cadang dan asesories
- Tidak berpola (campuran merek)
Harga suku cadang mengikuti perubahan kurs rupiah terhadap dollar, namun seringkali pada saat nilai tukar rupiah menguat harga suku cadang seringkali tidak kembali ke posisi semula, sehingga harga suku cadang dari waktu ke waktu cenderung terus meningkat. Terdapat perbedaan harga untuk setiap tingkatan kualitas dari suku cadang dengan rumusan sebagai berikut:
- Harga suku cadang asli (genuine) adalah 100% atau 1 kali (Pg)
- Harga suku cadang kualitas satu (kw-1) adalah 60 s/d 70% atau 0,6 s/d 0,7 x Pg
- Harga suku cadang kualitas dua (kw-2) adalah 40 s/d 50% atau 0,4 s/d 0,5 x Pg

Permasalahan Pemasaran
Ketergantungan penjual pada pemasok yang juga bisa sekaligus sebagai importir suku cadang sangatlah besar. Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa lebih dari 90% suku cadang yang diperdagangkan masih diimpor dari berbagai negara. Hal ini akan menyulitkan posisi penjual jika mereka harus berhadapan secara sendiri-sendiri dengan pemasok/importir. Oleh karenanya adanya asosiasi pedagang suku cadang sangatlah penting, untuk meningkatkan posisi tawar pedagang, bahkan jika mungkin asosiasi ini bisa membentuk badan usaha dan mengimpor suku cadang sendiri sebagai alternatif.

Persaingan yang semakin ketat akan menyebabkan harga suku cadang lebih menguntungkan bagi konsumen, namun hal ini bisa memberikan tekanan pada penjual. Importir yang juga pemasok suku cadang impor kepada penjual, bisa dikatakan tidak terpengaruh oleh adanya pembukaan pusat-pusat penjualan suku cadang baru di berbagai wilayah tersebut, bahkan dalam jangka menengah menguntungkan mereka. Dalam jangka panjang akan terjadi keseimbangan baru, sehingga semua pihak akan mendapatkan alokasi yang adil (fair) dan cenderung untuk mempertahankan aktivitas bisnisnya dan tidak membiarkan usaha partnernya terhenti.

Persaingan penjualan suku cadang meningkat karena dibukanya pusat-pusat penjualan baru suku cadang di berbagai lokasi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen untuk bisa mendapatkan suku cadang dengan lebih mudah, harus diantisipasi dengan baik oleh para penjual suku cadang yang sudah lebih lama berada pada bisnis ini. Pertumbuhan bisnis suku cadang yang cukup tinggi (17-23% pertahun) merangsang enterpreneur untuk memasuki bisnis ini, persaingan menjadi semakin ketat.

xiaomi


Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh penjual suku cadang antara lain adalah:
- melihat penjualan suku cadang sebagai usaha jasa.
- membangun keintiman dan mengembangkan hubungan baik dengan konsumen
(mengubah konsumen menjadi pelanggan).
- membuat data base pelanggan.
- berlaku jujur kepada konsumen dan membangun kepercayaan
- membantu konsumen mengatasi kesulitan yang dihadapi (peduli konsumen).
- mengembangkan sistem jasa penjualan yang inovatif: pesan lewat telepon, sistem
pembayaran transfer, sistem penyerahan produk (delivery).
- memperbaiki sistem inventory yang on line untuk mempercepat pelayanan.
- memperbaiki kemampuan tenaga penjual, khususnya dalam hal-hal teknis
otomotif.

Ancaman yang signifikan justru berasal dari kondisi makro ekonomi terutama yang bisa menyebabkan harga suku cadang melonjak tinggi atau harga barang-barang secara umum melonjak, sehingga daya beli konsumen menurun. Dalam keadaan ini konsumen akan lebih memprioritaskan kebutuhan pokok seperti pendidikan, sandangpangan dan kesehatan. Turunnya kurs rupiah terhadap dollar, pemberian pajak atau bea masuk yang lebih tinggi akan menyebabkan harga suku cadang meningkat dan hal ini dapat mengakibatkan lesunya perdagangan suku cadang terutama yang berasal dari impor. Sebagian besar suku cadang yang diperdagangkan saat ini masih diimpor (sekitar 90%) dari berbagai negara, yang terdiri atas asli (genuine), buatan negara produsen, maupun buatan Taiwan (tiruan). Usaha perdagangan suku cadang, sebagaimana usaha perdagangan lain umumnya, secara teknis bisa dikatakan cukup sederhana, tidak banyak membutuhkan sarana dan prasarana yang beragam dan investasi yang mahal.

Lazada Indonesia

Lokasi dan Tempat Usaha
Perdagangan suku cadang sebaiknya dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan modern atau tempat-tempat yang dirancang khusus untuk perdagangan suku cadang dan memiliki beberapa karakter sebagai berikut :
- akses menuju lokasi dari banyak arah mudah.
- terdapat areal parkir yang cukup luas di sekitar tempat penjualan.
- beberapa lantai atau seluruh gedung diperuntukkan bagi perdagangan suku
cadang dan asesories.
- memlih tempat yang masih kurang persaingannya, ini akan lebih memudahkan bagi pebisnis pemula, lakukan promo melalui media yang Anda miliki dengan secara optimal misalnya, melalui media sosial, brosur, dan juga web.
- dimungkinkan konsumen melakukan penggantian suku cadang yang relatif
mudah dilakukan.
- lingkungan bersih dan nyaman.
Luasan tempat usaha (kios) pada umumnya berukuran 4 x 4 m2 dan 2 x 4 m2,
atau 4 x 3 m2 dan 2 x 3 m2. Pada pusat-pusat perdagangan yang baru kios dengan
ukuran yang kedualah yang banyak disediakan, untuk menekan biaya sewa bagi
pedagang suku cadang.

Hambatan dan Kendala
Secara internal tidak ada hal-hal yang sangat mengancam keberlangsungan usaha perdagangan suku cadang, kecuali hal-hal yang terkait dengan kemampuan tenaga penjual, termasuk pemilik, dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Kemampuan untuk mengubah konsumen menjadi pelanggan, dengan melakukan kedekatan (intimacy) yang lebih total kepada konsumen adalah sesuatu yang harus namun belum dimiliki oleh sebagian besar pedagang suku cadang. Konsumen masih dianggap sekedar orang yang membutuhkan barang yang dijual oleh pedagang suku cadang dan bukan partner yang perlu diberi pilihan dan pengetahuan atas dasar kejujuran. Kebijakan untuk memperluas pemasaran suku cadang ke berbagai wilayah memberi kemudahan dan pilihan yang lebih banyak kepada pemilik kendaraan untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan, oleh karena itu situasi seperti ini harus di antisipasi dengan meningkatkan kemampuan menjual
dari pedagang suku cadang.

Anda tertarik untuk memulai bisnis pengadaan spare parts ini? Lakukan observasi dan penambahan amunisi pengetahuan agar Anda memiliki dasar yang kuat sebelum terjun ke bisnis ini. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, yakin Anda dapat mengatasi setiap permasalahan yang muncul dan bangunlah kerjasama yang baik antara pemasok dan pelanggan Anda. Jadikan mereka adalaha mitra Anda dalam berbisnis, selalu berinovasi dalam setiap langkah bisnis dan yang utama adalah menjaga konsumen dan pemasok Anda karena keberlangsungan bisnis Anda tergantung pada mereka. Potensi pasar dari bisnis ini senantiasa mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, di tambah dengan infrastruktur Indonesia yang masih di bawah standar hal ini menjadi salah satu pendorong yang membuat keausan dari komponen kendaraan lebih cepat dibandingkan dengan waktu yang seharusnya terjadi. Apalagi pengguna kendaraan di Indonesia sangat senang memodifikasi kendaraannya dimana hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu keausan spare parts kendaraan. (sumber: berbagai sumber)



0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem