Home » » Peluang Bisnis Pengadaan Furnitur Rumah Sakit

Peluang Bisnis Pengadaan Furnitur Rumah Sakit

Ilustrasi by: Google.com
Data Kemenkes menunjukkan, jumlah rumah sakit swasta yang terdaftar per 1 Januari 2014 sebanyak 455 untuk rumah sakit umum dan 246 untuk rumah sakit khusus, rumah sakit umum swasta non provit sebanyak 531 dan rumah sakit khusus non provit berjumlah 202. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, di mana rumah sakit swasta kategori umum sebanyak 300 dan kategori khusus sebanyak 168. Sedangkan rumah sakit swasta non provit untuk kategori rumah sakit umum sebanyak 515 dan kategori khusus sebanyak 212. Diprediksi pada tahun 2015 akan tumbuh di kisaran 5-10%, dengan laju pertumbuhan yang cukup besar ini tentunya membuka peluang usaha di sektor pengadaan alat kesehatan hingga kebutuhan furnitur. Data dari BPS pada saat tulisan ini dibuat belum publikasi, tetapi melihat trend pertumbuhan dari tahun ke tahun yang menunjukan peningkatan tentunya menjadi bahan pertimbangan dalam membidik peluang usaha di sektor ini.
Bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mendorong mereka untuk lebih peka terhadap berbagai penyakit yang mungkin timbul pada tubuhnya. Ditambah dengan pemberlakuan Jaminan Kesehatan Nasional, makin banyak masyarakat yang tertarik untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan. Alhasil, kebutuhan fasilitas kesehatan pun meningkat. Hal ini yang memicu pertumbuhan rumah sakit meningkat tajam dan mengalami trend pertumbuhan yang mengaggumkan.

Dengan tingginya animo masyarakat akan pentingnya kesehatan bukan saja membuka peluang untuk mendirikan rumahsakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Peluang usaha lainnya adalah memproduksi berbagai perlengkapan furnitur untuk berbagai pusat kesehatan ini. Ambil contoh, ranjang (hospital bed), meja periksa (examination table), children bed, hingga boks bayi. Berbagai peralatan dan perlengkapan ini tak hanya mengisi rumahsakit baru. Kebutuhan juga datang dari rumahsakit atau fasilitas kesehatan yang ingin mengganti berbagai perlengkapannya dengan yang baru, baik karena kerusakan atau karena ada teknologi baru. 

Bagaimana menyikapi peluang pasar yang besar ini, tentunya banyak faktor yang harus dipersiapkan sebelum memilih terjun di bisnis ini. Untuk merintis bisnis ini, tak hanya butuh modal uang. Calon pemain juga harus menguasai dari soal pemasaran dan proses produksi, berikut pemahaman akan produk. Selain itu, produsen juga harus mampu menghadirkan produk dengan harga yang masuk akal. Anda juga harus memperhatikan persaingan dengan produk sejenis asal China. Maklum, banyak pula perusahaan yang menjadi agen atau distributor produk-produk ini dari negeri tirai bambu itu. Tapi, jangan sampai kondisi ini justru mengerdilkan nyali Anda!

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem