Home » » Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

mengubah-kegagalan
Mendapatkan kegagalan dalam hidup siapa yang menginginkan? Tidak seorangpun didunia ini yang berharap dirinya gagal! Sikap yang pertama muncul adalah marah, dan berlanjut pada depresi yang berkepanjangan. Kebanyakan dari kita akan menyalahkan kegagalan yang terjadi pada orang lain, Yup! Seperti itulah biasanya yang terjadi. Disadari ataupun tidak pada saat Anda mendapatkan kegagalan yang disalahkan adalah orang lain dan parahnya sikap marah Anda berlanjut hingga ke rumah dan seisi rumah menjadi sasaran kekesalan Anda.

Sikap emosi yang muncul biasanya terpicu oleh karena Anda tidak dapat menerima kenyataan, tidak bersikap realitas. Seorang bijak mengatakan “kegagalan adalah sebuah sukses yang tertunda”, tetapi sukses yang tertunda itu tidak akan berubah menjadi kenyataan tanpa ada aksi dari diri Anda untuk mengubah kegagalan itu. Dalam kehidupan ini kegagalan itu pasti akan terjadi dan menimpa seseorang, semua itu adalah agar Anda menjadi lebih kuat. Anggap saja kegagalan yang terjadi itu adalah sebuah “vitamin” agar kelak Anda tahan terhadap serangan si kuman yang datang menyerang.

Hampir seluruh persoalan hidup bermula dari ketidakmauan kita menerima hidup  ini apa adanya. Kita tak mampu berkompromi pada kenyataan. Kita tak sudi melepaskan kacamata paradigma dan melihat realitas secara sederhana. Kita lebih suka bermain-main dengan persepsi. Kita lebih senang berlindung membenarkan pikiran diri sendiri. Luapan emosi meletup hingga tak lagi ada logika dan pikiran jernih terhimpun, mengapa selalu bereaksi pada setiap masalah yang terjadi? Tidakkah lebih baik kita menanggapi pada setiap masalah yang timbul?.

Meraih sesuatu bukanlah hal yang terbatas pada pekerjaan tangan. Bila kita mau meraih dengan seluruh yang Anda miliki, tidak ada hal yang tidak tercapai. Railah dengan kaki. Bila sesuatu saat ini tidak tergapai, bergeraklah, hingga hal itu dalam jangkauan. Bergeraklah menuju tujuan, ketimbang menunggu tujuan Anda bergerak kepada kita.
Raihlah dengan pikiran. Visualisasikan tujuan kita. Lihatlah dengan jelas dalam pikiran kita, dan kita akan mulai bisa menggapai. Gunakan daya pikir kita untuk mengembangkan rencana realistis dan perencanaan tindakan. Raihlah dengan imajinasi. Jadilah kreatif dalam menggapai. Selalu ada banyak cara dalam mencapai tiap tujuan. Gunakan imajinasi kita untuk bekerja dan mengembangkan segala peluang. Bila satu jalur terhalang, bayangkan selusin alternatif dan ikuti yang paling berpeluang.  Raihlah dengan semangat. Rasakan kegembiraan pada setiap saat kehidupan dan kita akan mengembangkan dalam diri sendiri, kesadaran akan pemenuhan. Sedemikian banyak hal yang bisa kita raih bila kita secara tulus bersyukur atas hal-hal yang telah kita miliki.

Tingkat kesuksesan kita. tergantung pada satu orang, yaitu kita sendiri. Apa yang  kita mampu kerahkan dalam hidup, adalah apa yang kita akan dapat dari hidup.  kita tidak bisa meminjam, meminta, atau mencuri kesuksesan orang lain. Memang orang lain mampu mengilhami, mengajarkan, mendorong, dan menghibur Anda. Tetapi satu-satunya yang menjalani hidup  dan yang mampu memberikan pilihan terbaik adalah diri kita sendiri.
Kita tidak perlu menjadi orang lain. untuk dapat membuat dunia menjadi berbeda. Setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk mengubah dunia, karena setiap orang memiliki hasrat. 

Bila hasrat yang ada dalam diri kita adalah hasrat mencari arti hidup diri kita. maka itulah hasrat sejati untuk mengubah dunia. Lepas dari sekedar hasrat, semua yang terjadi, yang dilihat, dan diperhatikan orang adalah tindakan. Setiap tindakan memang menghasilkan banyak kemungkinan, tetapi tanpa tindakan, yang ada hanya hasrat yang gagal. Apakah kita tertarik untuk mengubah dunia hari ini? Siapkan diri kita dalam kesatuan hasrat dan tindakan, dan dunia pun akan memberikan jalan.

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem