Home » » 10 Hal Yang Harus Diketahui Seorang Freelance

10 Hal Yang Harus Diketahui Seorang Freelance

Dalam beberapa tahun terakhir, setelah teknologi internet semakin maju, telah membuka peluang usaha baru yang tak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Pilihan bekerja kini tak lagi melulu harus dilakukan secara konvensional, berangkat 08.00 -17.00 dalam rutinitas pekerjaan harian. Profesional berbakat dapat bekerja dari mana saja di dunia ini dengan koneksi internet, mengambil proyek-proyek untuk berbagai klien yang berbeda dan perusahaan. Tapi pekerjaan seorang freelance tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Berikut adalah 10 hal yang semua freelancer potensial dan saat ini harus mempertimbangkan tentang pasar saat ini dan apa yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

Pekerjaan freelance tidak hanya proyek satu kali
Secara tradisional, startups dan usaha kecil mempekerjakan freelancer untuk jangka pendek proyek mereka, pemilik dan staf mereka tidak punya waktu untuk melakukan sendiri. Tren ini sudah mulai berubah baru-baru ini perusahaan kini mengintegrasikan freelancer dalam strategi bisnis inti mereka.
Dalam bisnis modern kini mereka lebih memilih untuk menjalankan bisnis dengan cara yang sangat ramping.  Mereka membutuhkan seorang solopreneurs yang membangun segala sesuatu yang mereka butuhkan dengan menggunakan freelancer dan mereka menjalankan bisnis mereka sendiri. Ini adalah model hemat biaya bagi sebuah bisnis. Bahkan bisnis besar kini cenderung menggunakan freelancer sebagai bagian dari tenaga kerja mereka.

Bagi seorang Freelancer tentunya ini adalah suatu peluang yang besar dalam mendapatkan income bagi mereka. Tren seperti ini adalah hal yang harus diperhatikan oleh seorang freelance agar dapat stabil dan bertahan dalam jangka panjang.

Bidang-bidang tertentu tumbuh lebih cepat
Sementara hampir setiap industri dan profesi memiliki potensi untuk dikerjakan seorang freelance, beberapa kategori pekerjaan memiliki lebih banyak kesempatan yang tersedia. Dari mulai pengembangan App mobile, pembuatan konten, e-commerce dan data entry, merupakan peluang bisnis yang dapat di raih oleh seorang freelance. Kecanggihan pekerjaan kini meningkat dan terus bergerak sehingga membuat pengusaha harus  meminta freelancer untuk membangun teknologi entri dan ekosistem konten untuk mereka. Bisnis telah membangun sejumlah besar kepercayaan dalam sumber daya terpencil dan itu mulai terpenuhi.

Berpikir di luar lokal
Lulusan perguruan tinggi dan karyawan yang di-PHK yang mengalami kesulitan dalam mengamankan posisi penuh waktu. Dapat beralih menjadi seoarang frelancer dengan skill, minat dan bakat yang dimiliki,  dan bekerja di rumah mereka. Karena sebagian besar pekerjaan freelance dapat dilakukan dari jarak jauh, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan di dalam kantor.
Dari sudut pandang bisnis, perusahaan yang mempekerjakan freelancer bisa mendapatkan bakat yang lebih baik dan tentunya dengan lebih menghemat budget.

Baca deskripsi proyek
Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan sebagai freelancer adalah meluangkan waktu untuk sepenuhnya memahami proyek di mana Anda melamar untuk bekerja. Dapatkah Anda berhasil menyelesaikan semua aspek dari pekerjaan? Apakah ada sesuatu dalam deskripsi yang kurang jelas? Jangan takut untuk menghubungi perusahaan dan meminta sebelum Anda memasukkan nama Anda dalam daftar dipertimbangkan.
Setiap pekerjaan adalah unik dan setiap majikan mengharapkan sesuatu yang spesifik. Sebelum Anda menghubungi majikan, penting bahwa Anda memahami proyek dan bahwa ini datang di saat Anda menjangkau mereka.

Menulis surat lamaran yang baik
Sama seperti yang berlaku untuk posisi lain, penawaran untuk pekerjaan freelance memerlukan resume dan penutup surat yang solid. Menunjukkan pengalaman dan keinginan untuk bekerja dengan perusahaan yang mempekerjakan adalah cara jitu untuk mendapatkan perhatian calon majikan.
Saat Anda menulis surat lamaran berikan sfesifikasi tentang keahlian yang Anda miliki yang menunjang dari pekerjaan yang Anda bidik. Memiliki sesuatu yang spesifik yang akan mendapatkan manajer perekrutan tertarik, tetapi pastikan untuk tetap profesional.

Sorot keterampilan Anda
Menurut sebuah penelitian, 70 persen dari perusahaan telah menggunakan tenaga dan keahlian freelancer untuk mengisi kesenjangan keterampilan yang sangat spesifik dalam staf mereka. Jika deskripsi pekerjaan berisi kombinasi yang sangat khusus dalam segi keterampilan dan Anda memilikinya, pastikan Anda fokus pada hal itu ketika menghubungi majikan.
Pastikan Anda menyorot keahlian yang unik yang ada pada diri Anda, beberapa kisah sukses, jadilah seorang freelancer terbaik untuk pekerjaan majikan.

Selalu memiliki sampel
Banyak freelancer membuat portofolio virtual pekerjaan mereka pada website seperti Tumblr atau About.me bagi calon majikan untuk dapat melihat profile dari calon yang mereka butuhkan. Jika Anda tidak memiliki profil lepas secara online, pastikan Anda memiliki koleksi klip, file dan proyek-proyek masa lalu lainnya yang siap untuk disampaikan kepada manajer perekrutan, sebagai bahan pertimbangan bagi mereka dalam memilih Anda.

Hal ini penting untuk seoarang freelancer dalam menunjukkan portofolio kerja mereka. Ini adalah kesempatan besar untuk seoarang pengusaha agar segera tertarik dan mengikat kontrak kesepakatan dengan Anda.

Memiliki sejarah yang kaya akan pengalam pekerjaan di masa lalu dapat menempatkan calon majikan Anda merasa nyaman ketika mempertimbangkan Anda untuk sebuah pekerjaan freelance, tapi hati-hati ketika memilih sebuah proyek. Seorang freelancer harus tahu bahwa potongan sampel yang mereka berikan adalah relevan dengan tugas yang mereka yang mereka tawarkan.

Tahu pasar
Jika Anda berada dalam posisi pasang tarif akan sebauh nilai diri Anda, hal yang harus diteliti oleh seorang freelancer adalah kompetitif harga dari sebuah proyek yang ditawarkan. Anda ingin tawaran kompetitif, tetapi juga menyadari berapa banyak keterampilan Anda sendiri yang layak sebagai bahan pertimbangan. Perusahaan akan selalu bersedia membayar lebih untuk freelancer yang memiliki reputasi besar dan telah menghasilkan karya yang luar biasa.

Komunikasi adalah kunci
Anda mungkin tidak menjadi karyawan penuh waktu dari bisnis yang mempekerjakan Anda sebagai freelancer, tapi saat Anda sedang bekerja dengan mereka orang di masing-masing perusahaan adalah atasan Anda. Dia mengharapkan Anda untuk melakukan tugas tertentu, dan layaknya seperti dengan bos, Anda perlu menjaga jalur komunikasi tetap terbuka untuk memastikan bahwa kedua pihak mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Gunakan IM, video chat, dan email untuk berbicara dengan calon majikan, agar dapat terhubung pada tingkat yang lebih dalam.

Pekerjaan yang paling sulit adalah mendapatkan adalah salah satu job pertama kali.
Jika Anda belum pernah freelance sebelumnya, mendapatkan pekerjaan freelance  bisa menjadi sulit. Tanpa track record dan sampel dari proyek-proyek sebelumnya, itu akan sulit untuk membujuk perusahaan agar mempekerjakan Anda. Setelah Anda mulai memiliki beberapa pekerjaan, Anda akan mampu menunjukkan pekerjaan Anda kepada calon majikan masa depan, tetapi Anda mungkin harus melakukan proyek kecil untuk membuktikan nilai dan potensi Anda. Badminton disarankan menjangkau majikan yang potensial atau klien tentang pekerjaan Anda. Saat melakukan penawaran dan uji keabsahan keahlian yang Anda miliki, usakan untuk memberikan pertanyaan yang cerdas pada calon majikan tentang pekerjaan yang ditawarkan.

Akan ada puluhan freelancer yang sangat terampil akan hadir dalam penawarran sebuah pekerjaan yang Anda tertarik untuk melakukan. Perbedaan besar Anda dapat memiliki adalah wawasan ke dalam apa yang mereka inginkan dan bagaimana Anda sempurna untuk melakukan pekerjaan. (Berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem