Mendapatkan
principal bukanlah sebuah perkara yang mudah, apalagi untuk distributor yang
baru berdiri. Kencenderungan principal adalah mencari dan menawarkan produknya
pada distributor senior karena selain dianggap berpengalaman juga memiliki
kapital yang cukup. Selain itu principal juga tidak perlu melakukan survei yang
membutuhkan biaya tambahan. Sedangkan, untuk distributor baru, principal paling
tidak harus datang ke lokasi dan melakukan survei tentang keberadaan distributor
itu, serta pasar yang digarapnya jika distributor itu sudah mendistribusikan
produk milik principal lain. Jangan sampai distributor yang dipilih adalah
distributor siluman. Distributor siluman adalah distributor yang dikerjakan
oleh “mafia” perdagangan. Banyak sekali distributor yang tiba-tiba tutup dan
kemudian menghilang, melihat kejadian ini principal akan lebih berhati-hati. Hal
ini menjadi bahan pertimbangan dan pemikiran bagi principal dan akan menjadi
hambatan bagi distributor baru untuk mendapatkan principal.
Selain
kesulitan di atas, distributor baru juga akan kesulitan mendapatkan principal
ketika bisninya belum besar. Namun, sebenarnya distributor tidak perlu
pesimistis dengan keadaan itu. Banyak distributor baru ternyata akhirnya lebih
sukses daripada seniornya dalam mendapatkan principal karena mereka berusaha
keras. Seperti melakukan jemput bola dengan cara mengirimkan company profile
dan memasang iklan di surat kabar untuk mencari produk yang akan dipasarkan.
Dari
mana distributor mendapatkan informasi mengenai principal?
Dalam
memulai sesuatu memang terkadang sedikit menyulitkan seperti halnya untuk
mendapatkan informasi mengenai principal. Tetapi, kalau sumbernya sudah
ditemukan, akan menjadi hal yang mudah untuk memulainya. Dalam mencari
informasi mengenai data principal, distributor baru dapat mencarinya di koran,
majalah bisnis, rekan, referensi rekan bisnisdirektori bisnis dan website.
Strategi
distributor baru dalam mendapat principal
Untuk
mendapatkan principal, distributor baru dapat membuat sebuah strategi dengan
mengambil peran kecil dan menjual produk secara detail. Tujuan dari peran kecil
ini adalah sebagai pemancing awal dan untuk mendapatkan database pelanggan
lebih banyak lagi dengan adanya variasi produk yang dijual.
Menjual
secara detail produk principal adalah aktivitas pertama yang mesti dilakukan
distributor agar principal juga mengambil kesimpulan dalam penilaian bahwa
pekerjaan distributor baru itu sangat baik. Ukuran yang digunakan oleh
principal dalam survei adalah banyak sedikitnya distributor baru dalam
beaktivitas. Jika selama menjadi subdistributor tidak melakukan pendistribusian
produk dengan baik, bagaimana jika nantgi bekerja sama dengan principal?
Menyiapkan
company profile dan rencana pengembangan usaha distributor. Distributor baru
sebaiknya sudah siap mengadakan pengembangan jika principal tertarik, tidak
menutup kemungkinan principal malah memberikan wilayah kerja yang di luar
keinginan distributor berada. Distributor baru sebaiknya sudah siap dengan
pengembangannya, kalau mau menerima peran ini distributor baru seharusnya sudah
1 langkah maju ke depan.
Selanjutnya:
|
0 komentar:
Post a Comment