Home » » Strategi Distributor Mendapatkan Principal

Strategi Distributor Mendapatkan Principal

strategi distributor mendapatkan principal
Mendapatkan principal bukanlah sebuah perkara yang mudah, apalagi untuk distributor yang baru berdiri. Kencenderungan principal adalah mencari dan menawarkan produknya pada distributor senior karena selain dianggap berpengalaman juga memiliki kapital yang cukup. Selain itu principal juga tidak perlu melakukan survei yang membutuhkan biaya tambahan. Sedangkan, untuk distributor baru, principal paling tidak harus datang ke lokasi dan melakukan survei tentang keberadaan distributor itu, serta pasar yang digarapnya jika distributor itu sudah mendistribusikan produk milik principal lain. Jangan sampai distributor yang dipilih adalah distributor siluman. Distributor siluman adalah distributor yang dikerjakan oleh “mafia” perdagangan. Banyak sekali distributor yang tiba-tiba tutup dan kemudian menghilang, melihat kejadian ini principal akan lebih berhati-hati. Hal ini menjadi bahan pertimbangan dan pemikiran bagi principal dan akan menjadi hambatan bagi distributor baru untuk mendapatkan principal.

Selain kesulitan di atas, distributor baru juga akan kesulitan mendapatkan principal ketika bisninya belum besar. Namun, sebenarnya distributor tidak perlu pesimistis dengan keadaan itu. Banyak distributor baru ternyata akhirnya lebih sukses daripada seniornya dalam mendapatkan principal karena mereka berusaha keras. Seperti melakukan jemput bola dengan cara mengirimkan company profile dan memasang iklan di surat kabar untuk mencari produk yang akan dipasarkan.

Dari mana distributor mendapatkan informasi mengenai principal?
Dalam memulai sesuatu memang terkadang sedikit menyulitkan seperti halnya untuk mendapatkan informasi mengenai principal. Tetapi, kalau sumbernya sudah ditemukan, akan menjadi hal yang mudah untuk memulainya. Dalam mencari informasi mengenai data principal, distributor baru dapat mencarinya di koran, majalah bisnis, rekan, referensi rekan bisnisdirektori bisnis dan website.

Strategi distributor baru dalam mendapat principal
Untuk mendapatkan principal, distributor baru dapat membuat sebuah strategi dengan mengambil peran kecil dan menjual produk secara detail. Tujuan dari peran kecil ini adalah sebagai pemancing awal dan untuk mendapatkan database pelanggan lebih banyak lagi dengan adanya variasi produk yang dijual.

Menjual secara detail produk principal adalah aktivitas pertama yang mesti dilakukan distributor agar principal juga mengambil kesimpulan dalam penilaian bahwa pekerjaan distributor baru itu sangat baik. Ukuran yang digunakan oleh principal dalam survei adalah banyak sedikitnya distributor baru dalam beaktivitas. Jika selama menjadi subdistributor tidak melakukan pendistribusian produk dengan baik, bagaimana jika nantgi bekerja sama dengan principal?  


Menyiapkan company profile dan rencana pengembangan usaha distributor. Distributor baru sebaiknya sudah siap mengadakan pengembangan jika principal tertarik, tidak menutup kemungkinan principal malah memberikan wilayah kerja yang di luar keinginan distributor berada. Distributor baru sebaiknya sudah siap dengan pengembangannya, kalau mau menerima peran ini distributor baru seharusnya sudah 1 langkah maju ke depan.  

Selanjutnya:


0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem