Dunia
sekarang mengalami banyak perubahan dengan kecepatan yang luar biasa, hanya
kegesitan yang dapat membantu Anda mengatasi setiap tantangan dan mencapai
puncak harapan Anda. Jagalah diri Anda agar tetap bugar! Serap setiap gagasan
baru, dan waspadai perubahan. Jika tidak, maka pesaing Anda akan melesat jauh
meninggalkan Anda. Di zaman sekarang kegiatan bisnis bagaikan mengendarai
sebuah sepeda, harus terus bergerak atau Anda akan jatuh dan terlupakan.
Doronglah diri Anda untuk terus bergerak! Ingat ada banyak tempat di puncak,
tetapi tidak ada tempat untuk duduk bersantai.
Dunia boleh
berubah dengan cepat, tetapi customer tetaplah menjadi bos Anda yang
sesungguhnya. Tanpa customer bisnis Anda akan mati, ingatlah, 70% customer
pergi akibat pelayanan yang buruk dan tidak memuaskan. Selain menjual produk
yang berkualitas, hal-hal lain yang juga penting adalah layanan purnajual. Jika
Anda dapat memahami keadaan customer Anda, Anda akan tahu cara membuat mereka
senantiasa tersenyum. Dan senyuman mereka adalah pertanda mesin kas Anda akan
selalu berdenting. Bukan itu saja satu senyuman dari customer, ia akan membawa
100 customer baru bagi bisnis Anda. Harus Anda ingat, untuk mendapatkan satu
cutomer baru dibutuhkan biaya yang nilainya enam kali lipat biaya
mempertahankan satu orang customer lama Anda.
Apa yang
harus Anda lakukan untuk dapat menjaga cutomer, berikut ini beberapa hal yang
yang harus Anda ketahui;
Cara Menjual, bayangkan diri Anda berada di
posisi customer. Kuncinya, temukan sebuah kebutuhan dan penuhi! Begitu Anda
mengenali kebutuhan customer dan memuaskan mereka, artinya Anda memiliki sebuah
tongkat sihir yang akan memberi Anda kemakmuran.
Cutomer adalah atasan, tidak akan pernah ada atasan lain
selain customer, merekalah satu-satunya atasan Anda yang seharusnya Anda
layani. Ingat! Semua yang Anda miliki, merekalah yang membiayai. Mobil mewah,
rumah besar, hingga pakaian yang Anda kenakan, semua itu mereka menanggungnya. Jangan membuat mreka menjadi jengkel
atau Anda akan dipecat dan habis semua yang Anda miliki.
Cutomer adalah bisnis, bisni adalah
orang, orang adalah customer,
ini adalah sebuah lingkaran, dan kita bergerak dalam lingkaran yang kita buat
sendiri, lingkaran besar, sedang, dan kecil. Anda harus menentukan untuk diri
sendiri, seberapa besar lingkaran yang Anda inginkan. Begitu telah Anda
tentukan besarnya lingkaran, tentukanlah sebuah cara agar lingkaran itu tetap berputar,
kepuasan orang adalah kata kuncinya.
Bangunlah bisnis yang berorientasi
pada customer, jadikanlah hal ini sebagai tujuan tunggal
Anda. Dan percayalah, Anda tidak akan gagal. Apa yang akan terjadi? Anda akan
mempertahankan customer dengan lebih baik, dan Anda boleh yakin bahwa karyawan
akan mulai mempertahankan customer Anda dengan lebih baik.
Dengarkanlah customer Anda, dengarkan kata-kata customer,
keluhan mereka ibarat bara api , Anda dapat mengubahnya menjadi kobaran api. Atau
malah sebaliknya menjadikannya debu dengan meneteskan beberapa tetes air mata
penyesalan.
Lakukan pengecekan dengan customer tentang perilaku
karyawan,
jujurlah pada diri Anda sendiri demi kebaika, dan cobalah untuk melihat kapan
terakhir kali Anda melakukan pengecekan dengan customer, tentang perlakuan
karyawan Anda terhadap mereka.
0 komentar:
Post a Comment