Home » » Harumnya Kopi Seratus Tahun

Harumnya Kopi Seratus Tahun

Ilustrasi by: bbc.uk
Memiliki sebuah bisnis yang dapat bertahan lama merupakan dambaan setiap pemilik usaha. Dalam hal mempertahankan sebuah bisnis untuk tetap berkibar dan eksis dalam waktu lama adalah sebuah perjuangan yang sangat berat. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, yang muncul bukan saja dari wilayah lokal namun dengan era keterbukaan seperti ini bsinis dari luar pun bermunculan dan menambah ketatnya persaingan. Namun, sebuah kompetisi itu sangat penting dan akan menjadi stimulus bagi setiap pebisnis untuk selalu memberikan yang terbaik dari yang mereka miliki untuk tetap mendapatkan tempat di hati pelanggan atau cutomer-nya.
Sebuah kedai kopi yang bernama Aljazair coffee yang terletak di jantung kota London, membuktikan bagaimana mereka dapat bertahan di era multi kompetisi sekarang ini. Kedai kopi yang didirikan pada tahun 1887 ini hingga saat ini masih tetap eksis dan mendapatkan tempat yang luar biasa di hati pelanggan mereka. Hampir satu setengah abad usaha keluarga itu telah menjadi sahabat setia bagi penggemar kopi di kota London dan sekitarnya. Kini, usaha keluarga itu di kendalikan oleh generasi ketiga keluarga Crocetta, yaitu Marissa Crocetta.    

Salah satu kehebatan dari Aljazair coffee ini, mereka tidak melakukan kampenya iklan secara jor-joran, bagi mereka dengan memberikan pelayanan terbaik dan memiliki nilai untuk pelanggannya merupakan hal yang harus dilakukan. Cara seperti itu benar-benar ampuh untuk mempertahankan customer juga membuat mereka kembali, bahkan membawa customer baru untuk mereka. Dari segi harga mereka menawarkan £ 1,20  untuk secangkir cappuccino dan itu merupakan harga termurah yang dapat Anda temukan di kota London.  
Toko juga menjual sekitar 80 jenis kopi yang berasal dari broker yang berbasis di London dengan biji kopi berasal dari daerah penanaman kopi di seluruh dunia, termasuk Ethiopia, Kolombia dan Queensland, Australia.
Jenis kopi yang paling populer di kedai ini adalah mix espresso, berupa campuran biji  kopi dari Brasil dengan Afrika. Setiap minggu mereka dapat menjual setengah ton untuk jenis kopi mix espresso ini. Nama Aljazair Coffee ini adalah “brand” yang diberikan oleh pemiliknya yaitu Hasan Crocetta yang berasal dari Aljazair, di karenakan negara Aljazair tidak menghasilkan kopi. Hasan berharap harumnya kopi dari kedai “Aljazair Coffee” sampai ke tanah leluhurnya.  
Menurut data dari Allegra World Coffee Portal tahun 2015, di Inggris terdapat  18.832 outlet kedai kopi dengan omset £ 7.2bn dan sektor ini ini telah mengungguli seluruh sektor ritel dengan pertumbuhan penjualan sebesar 10,7%. Aljazair Coffee merupakan kedai kopi tertua di Inggris yang masih bertahan hingga saat ini. Hal ini merupakan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pelanggannya dan tentunya wisatawan yang berkunjung ke London.


Yang membuat kedai Aljazair coffee tetap bertahan hingga saat ini adalah, bagaimana mereka memegang teguh prinsip membuat ”mereka kembali” dan mendatangkan customer baru kepada mereka. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, harga yang ramah, dan kualitas produk yang tetap dijaga hingga rasa dan aromanya tetap sama dari waktu ke waktu dan menjadi ciri yang khas. Selain itu mereka menjaga hubungan selalu baik dengan pemasok karena pemasok juga memiliki peran penting dalam memberikan kualitas yang terbaik bagi bahan dasar penjualan mereka yaitu kopi yang berkualitas terbaik. Sangat tidak mudah mempertahankan reputasi hingga 130 tahun lamanya, apalagi dengan banyaknya pesaing di arena ini tentunya mengharuskan mereka tetap siaga dan selalu menjaga wilayah bisnisnya. Tak penting seberapa besar Anda berkampanye dengan biaya yang fantastis, tetapi jika Anda tidak dapat menjaga tim Anda untuk memberikan nilai terbaik bagi customer maka sia-sia apa yang sudah Anda lakukan, itulah yang dikatakan oleh Marissa Crocetta dari  harumnya kopi seratus tahun Aljazair Coffee. ( Sumber Tulisan: BBC.uk )

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem