Home » » Riset Pasar sederhana

Riset Pasar sederhana


Ilustrasi by:google.com
Risetpasar merupakan gambaran yang jelas tentang jenis produk dan layanan baru yang dapat membawa keuntungan. Untuk produk dan jasa yang sudah tersedia, riset pasar dapat memberitahu perusahaan apakah mereka memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan mereka. Dengan meneliti jawaban atas pertanyaan-pertanyaan khusus, pemilik usaha kecil dapat mengetahui apakah mereka perlu mengubah desain paket atau metode pengiriman mereka - dan bahkan apakah mereka harus mempertimbangkan untuk menawarkan layanan tambahan. Kegagalan untuk melakukan riset pasar sebelum Anda memulai usaha atau selama operasi adalah seperti mengemudi mobil ke satu tujuan tanpa peta dan rambu-rambu arahan, bagaimana Anda akan tiba di tujuan?.
Untuk sebuah perusahaan membuat riset pasar sebagai fasilitator perubahan, itu harus bersedia untuk mengambil pendekatan yang membuat dampak paling besar pada organisasi.Pendekatan itu adalah kunci dalam membuat  perbedaan menggunakan riset pasar. Anne E. Beall, PhD, Seorang peneliti pasar yang telah berpengalaman lebih dari lima belas tahun, menulis dalam bukunya Strategic Market Research: A Guide to Conducting Research that Drives Businesses, Second Edition. Dimana Ia memaparkan akan pentingnya sebuah riset pasar dilakukan, Strategis Market Research memberikan contoh kehidupan nyata yang menggambarkan penerapan konsep-konsep dalam berbagai skenario, termasuk bisnis dan organisasi non-profit. Menerapkan pendekatan strategis dari awal sampai akhir proyek memberikan informasi yang mempromosikan perubahan.


Ketika Anda melakukan riset pasar, Anda dapat menggunakan hasil  yang baik dalam membuat rencana bisnis dan pemasaran atau untukmengukur keberhasilan rencana Anda saat ini. Itulah mengapa penting untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, dengan cara yang benar, dari orang yang tepat. Penelitian, yang dilakukan buruk, dapat mengarahkan bisnis ke arah yang salah. 
Berikut adalah beberapa dasar riset pasar yang dapat membantu Anda untuk memulai dan beberapa kesalahan untuk Anda hindari. 

Jenis Penelitian Pasar 
Penelitian Primer: Tujuan dari penelitian utama adalah untuk mengumpulkan data dari Analis Penjualan saat ini dan efektivitas praktek. Penelitian utama juga mengambil rencana pesaing ke dalam riset, hal ini dapat memberikan kepada Anda informasi tentang pesaing Anda.


Mengumpulkan penelitian utama mencakup:
·         Wawancara (baik melalui telepon atau tatap muka)
·         Survei (online atau melalui pos)
·         Kuesioner (online atau melalui pos)
·         Kelompok fokus mengumpulkan contoh dari klien potensial atau pelanggan dan mendapatkan umpan balik langsung mereka.

Beberapa pertanyaan penting yang harus tercakup pada kuisioner:
·         Faktor-faktor apa yang Anda pertimbangkan ketika membeli produk atau jasa?
·         Apa yang Anda suka atau tidak suka tentang produk atau jasa saat ini saat ini di pasar?
·         Bidang apa yang akan Anda sarankan untuk perbaikan?

·         Berapa harga yang tepat untuk produk atau jasa?

Penelitian sekunder : Tujuan dari penelitian sekunder adalah untuk menganalisis data yang telah diterbitkan. Dengan data sekunder, Anda dapat mengidentifikasi pesaing, membangun tolok ukur dan mengidentifikasi target segmen. Segmen Anda adalah orang-orang yang masuk ke dalam target demografis -. Orang-orang yang menjalani gaya hidup tertentu, menunjukkan pola perilaku tertentu atau jatuh ke dalam kelompok usia yang telah ditentukan 

Pengumpulan Data, bagi bisnis kecil tidak dapat berhasil tanpa memahami pelanggan, produk dan jasa, dan pasar pada umumnya. Kompetisi sering sengit, dan beroperasi tanpa melakukan penelitian dapat memberikan pesaing Anda keuntungan lebih dari Anda. Ada dua kategori dari pengumpulan data: kuantitatif dan kualitatif. 

Pengumpulan Data, bagi bisnis kecil tidak dapat berhasil tanpa memahami pelanggan, produk dan jasa, dan pasar pada umumnya. Kompetisi sering sengit, dan beroperasi tanpa melakukan penelitian dapat memberikan pesaing Anda keuntungan lebih dari Anda. Ada dua kategori dari pengumpulan data: kuantitatif dan kualitatif. 

Metode kuantitatif menggunakan analisismatematika dan membutuhkan ukuran sampel yang besar. Hasil data ini menjelaskan perbedaan yang signifikan secara statistik. Satu tempat untuk menemukan hasil kuantitatif jika Anda memiliki sebuah situs web, Anda dapat melihatnya di Google Analityc. Informasi ini dapat membantu Anda menentukan banyak hal, seperti di mana lead Anda berasal, bagaimana pengunjung lama tinggal di situs Anda dan dari mana mereka keluar. 

Metode kualitatif membantu Anda mengembangkan dan menyempurnakan metode penelitian kuantitatif Anda. Mereka dapat membantu pemilik usaha mendefinisikan masalah dan sering menggunakan metode wawancara untuk belajar tentang opini, nilai-nilai dan keyakinan pelanggan. Dengan penelitiankualitatif, ukuran sampel biasanya kecil. 

Banyak pemilik bisnis baru, sering kekurangan waktu dan uang, mungkin mengambil jalan pintas yang nantinya bisa menjadi bumerang. Berikut adalah tiga hal bagi Anda untuk menghindari kegagalan. 
Kesalahan Umum Pemasaran
1.      Hanya menggunakan penelitian sekunder. Mengandalkan karya yang diterbitkan dari orang lain tidak memberikan gambaran lengkap. Hal ini dapat menjadi tempat yang bagus untuk memulai, tentu saja, tapi informasi yang Anda dapatkan dari penelitian sekunder dapat menjadi telah usang. Anda akan kehilangan faktor-faktor lain yang relevan dengan bisnis Anda.
2.      Menggunakan sumber daya hanya melalui web. Ketika Anda menggunakan mesin pencari umum untuk mengumpulkan informasi, Anda hanya mendapatkan data yang tersedia untuk semua orang dan itu mungkin tidak sepenuhnya akurat.Untuk melakukan pencarian lebih tentunya sangat tergantung pada anggaran yang Anda miliki, namun Anda pun dapat menggunakan sumber daya di perpustakaan setempat, pusat statistik,  kampus atau pusat bisnis kecil.
3.      Survei hanya orang yang Anda kenal. Pemilik usaha kecil kadang-kadang melakukan wawancara hanya kepada  anggota keluarga dan rekan dekat ketika melakukan penelitian, tetapi teman-teman dan keluarga sering tidak subyektif dalam menjawab survei . Untuk mendapatkan informasi yang paling berguna dan akurat, Anda perlu berbicara dengan pelanggan nyata tentang kebutuhan mereka, keinginan dan harapan.


Selanjutnya:

0 komentar:

Post a Comment

Auto Backlink : OoneSeem